Daddy Rohanady: Sungai Ciberes di Desa Gunungsari Harus Segera Dibuat TPT

CIREBON – Selain melakukan dialog dengan warga untuk menampung aspirasi, pelaksanaan reses Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jabar Daddy Rohanady dilakukan dengan melihat langsung kondisi fasilitas masyarakat dan insfrastrur di daerah pemilihannya.

Daddy Rohanady mendapat laporan dari masyarakat bahwa keberadaan Sungai Ciberes di wilayah Desa Gunungsari membutuhkan Tembok Penahan Tanah (TPT)

Hal itu dilakukan agar dapat menahan luapan air Sungai Ciberes ke pemukiman warga. Sebab setiap terjadi hujan selalu meluap.

“Ciberes sudah 38 kali kebanjiran. Seluruh masyarakat dan pemerintah Desa Gunungsari mengajukan pembuatan TPT Sungai Ciberes.’’ Kata Daddy Rohanady dalam keterangannya, (11/11).

Politisi Partai Gerindra itu mendesak agar pemerintah dapat segera memenuhi keinginan masyarakat desa tersebut.

Hal ini dilakukan karena menyangkut lingkungan hidup, khususnya berkaitan dengan penanganan Sungai Ciberes.

Anggota Komisi V DPRD Jabar itu menilai, Sungai Ciberes sebetulnya sudah dilakukan normalisasi. Tapi hasil tanah yang diambil dari sungai dibiarkan begitu saja di bantaran sungai.

‘’Pekerjaan seperti itu tidak akan menyelesaikan masalah. Begitu hujan turun, apalagi dengan curah yang besar/deras, praktis hasil pengerukan akan segera kembali masuk ke sungai,’’ kata dia.

Sungai Ciberes melintasi beberapa desa di Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon dan pada bagian hilirnya melintasi Desa Mekarsari, Desa Ciuyah, dan Desa Ambit.

Sayangnya, semua desa yang tersebut terlintasi hampir selalu mendapat berkah banjir. Banjir yang 38 kali melanda Gunungsari merupakan cermin buruk kondisi yang ada.

Selain pengurus Desa Gunungsari, hadir pula kepala desa tetangga, yakni Kuwu Desa Mekarsari. Keluhan dan harapan yang sama disampaikan pula pada kesempatan itu.

Penanganan Sungai Ciberes harus dilakukan secara serius supaya desa-desa yang terlintasi sungai merasa diurus.

‘’Saya kita, pembuatan TPT merupakan salah satu solusi yang harus segera dilakukan,” pungkas anggota dewan dari Fraksi Gerindra asal dapil Cirebon-Indramayu tersebut. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan