Komunitas Nelayan Pendukung Ganjar Berbagi Sembako dan Bersih-Bersih Pesisir Pangandaran

PANGANDARAN – Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Barat (Jabar) menggelar aksi sosial berupa distribusi paket sembako untuk 1.000 nelayan dan keluarganya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Minakarya Cijulang di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Komunitas nelayan pendukung Ganjar Pranowo berharap, bantuan ini mampu meringankan beban ekonomi para nelayan kecil di Pangandaran.

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Jabar, Handj Nurdin mengatakan, selain berbagi sembako, komunitas tersebut juga mengajak para nelayan dan masyarakat sekitar untuk membersihkan area pesisir Pangandaran.

 

Lewat aksi tersebut, diharapkan area pesisir menjadi bersih, dan mampu mengundang banyak wisatawan untuk mengunjungi pesisir Pangandaran.

“Sekarang kan sedang musim hujan, dan saat hujan itu, banyak sampah yang akhirnya hanyut ke tepi pantai. Pada akhirnya, sampah-sampah di pantai makin menumpuk. Maka dari itu kami mengajak para nelayan untuk bersih-bersih di pantai dan sekitarnya,” jelas Handi usai ikut membersihkan sampah di lokasi, pada Selasa (8/11/2022)

Handi berharap, kegiatan bersih-bersih pantai ini tidak berhenti pada hari itu, melainkan akan terus dilakukan oleh para nelayan. Menurutnya, jika kegiatan bersih-bersih ini telah menjadi budaya yang tertanam di masyarakat, maka para nelayan akan langsung menerima manfaatnya.

Selain menggelar sejumlah aksi sosial, komunitas ini juga melakukan deklarasi dukungan mereka untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden RI 2024. Mereka berharap, para nelayan di Jawa Barat bisa dipimpin oleh sosok yang memang bergaul dengan para nelayan.

Handi mengatakan, banyak program Ganjar saat memimpin Jawa Tengah yang pro terhadap para nelayan. Salah satunya adalah program Asuransi Nelayan (Asnel). Berdasarskan data yang dihimpun komunitas ini, sudah ada lebih dari 171 ribu nelayan di Jawa Tengah yang telah berasuransi.

“Mudah-mudahan Pak Ganjar bisa jadi presiden, dan program-program nelayan-nelayannya yang di Jawa Tengah bisa dinasionalkan, terkhusus bisa dibawa ke Jawa Barat. Di Jawa Tengah itu kan sudah ada asuransi khusus nelayan. Mudah-mudahan program itu bisa membuat seluruh nelayan di Indonesia bisa teransuransi,” harapnya.

Selain program pro nelayannya, Handi menyebut bahwa anggota Komunitas Nelayan Pesisir Jabar juga sangat mengagumi pribadi dari Ganjar. Ganjar dikenakan sebagaimana pemimpin yang bermasyarakat, ramah, dan selalu berupaya mengayomi masyarakat dari semua kalangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan