Hukum Membaca Surat Yasin di Malam Jumat Apakah Bid’ah?

JABAR EKSPRES – Hukum Membaca Surat Yasin di Malam Jumat Apakah Bid’ah? Pada Kamis malam atau malam Jumat umat muslim khususnya warga Nahdlatul Ulama (Nahdliyin) melakukan kegiatan rutin Yasinan atau membaca tahlil hingga surat Yasin.

Namun masih ada sebagian umat muslim yang beranggapan jika hukum membaca surat yasin di malam Jumat tidak mempunyai dalil shahih.

Bahkan ada yang menganggap bahwa hukum membaca surat Yasin di malam Jumat bertentangan dengan ajaran syariat Islam. Sebenarnya, adakah dalil yang menjelaskan kewajiban membaca yasin di malam Jumat?

Seperti contohnya, cukup banyak dalil hadits yang menerangkan hukum dan keutamaan membaca surat al-Kahfi, bahkan beberapa di antaranya mencapai derajat hadits shahih.

Kitab-kitab fiqih dan hadits menganjurkan membaca surat Al-Kahfi di hari biasa atau malam Jumat.

Namun, jarang kita temukan dalam kitab fiqih atau hadits yang menjelaskan anjuran membaca selain surat Al-Kahfi pada saat malam Jumat, termasuk anjuran atau keutamaan surat Yasin.

Meski belum ditemukan dalil yang menganjurkan membaca surat Yasin di malam Jumat, Syekh Abdur Raul al-Manawi menegaskan bahwa umat Islam bisa membaca surat lain selain surat al-Kahfi di malam Jumat.

Dikutip dari jatim.nu.or.id, hukum dan keutamaan membaca surat Yasin di malam Jumat maupun malam lainnya dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Barang siapa membaca surat Yasin dan Al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya. (HR Abu Daud dari al-Habr)

Meskipun kualitas sanad hadits tentang keutamaan bacaan Surat Yasin ini tergolong lemah, namun tetap dianjurkan untuk mengamalkan isi kandungan Surat Yasin. Sebagaimana ditegaskan oleh ulama bahwa hadits-hadits lemah boleh diamalkan untuk hal-hal yang berkaitan dengan keutamaan amal asalkan bukan tergolong hadits maudlu’ (palsu).

Tata cara baca Surat Yasin di Malam Jumat :

1. Mengambil Air Wudhu untuk bersuci sebelum menyentuh Al quran

2. Dianjurkan menghadap kiblat

Arah kiblat tidak hanya ditunjukkan untuk arah salat saja. Kita juga dianjurkan menghadap kiblat ketika mengaji agar senantiasa terus dilimpahkan keberkahan.

Tinggalkan Balasan