Cara Pasang Set Top Box TV Digital dari TV Analog, Nikmati Siaran yang Jernih Sekarang!

Jabarekspres.com- Mulai tanggal 2 November 2022 kemarin, layanan TV analog dibeberapa daerah di Indonesia telah dihentikan dan diganti dengan TV digital. Bagi Anda yang masih menggunakan TV analog diharuskan untuk memasang STB (Set Top Box) untuk beralih ke TV digital, berikut cara pasang STB Tv Analog ke digital.

Sebagai informasi, penyiaran TV analog di Indonesia sudah mengudara selama 60 tahun lamanya dan saat ini Transformasi digital telah dimulai dibeberapa daerah, Kemeninfo mengajak masyarakat agar segera beralih dari TV analog ke TV digital.

“Kepada masyarakat menengah yang masih mempunyai televisi tabung atau televisinya belum memenuhi standar televisi digital yang disebut dengan DVB-T2, kami minta untuk segera memasang set top box di televisinya masing-masing sehingga pada saat tanggal 2 November dapat menikmati siaran digital yang lebih jernih, lebih bersih, lebih tinggi kualitasnya dan lebih banyak kanal-kanalnya,” tutur Menkominfo dikutip dari inet.detik.com.

Tranformasi dari TV analog ke digital ini bukan tanpa alasan, transformasi ini untuk meningkatkan kualitas di bidang penyiaran.

Tak perlu khawatir, bagi Anda yang sedang masih mempunyai TV analog, masih bisa dipakai dan bisa untuk menangkap sinyal.

Tetapi Anda diharuskan untuk memasang alat yang bernama STB atau Set Top Box untuk menangkap sinyal digital yang dinilai lebih jernih.

Diklaim bahwasannya TV digital akan menampiklan gambar yang lebih jelas dan menunjang masyarakat untuk bisa menikmati siaran televisi.

Nah, simak artikel ini untuk mengetahui cara dan langkah-langkah pasang STB TV analog ke TV digital. Untuk itu simak caranya di bawah ini.

Cara Pasang Set Top Box  TV Analog ke TV Digital

Sebelum memasangnya, Anda perlu menyiapkan beberapa alat wajib seperti

  • TV
  • Remot TV
  • STB

Sesudah ke tiga barang inti itu di disiapkan langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Pasangkan kabel ke Antena STB
  2. Sambungkan kabel RCA (merah, kuning, putih) ke STB
  3. Nyalakan TV dan STB dengan remot
  4. Pilih mode AV pada TV analog
  5. Pilih menu “Pencarian Saluran”, pilih “Pencarian Otomatis”
  6. Pilih “Simpan”, jika sudah maka Anda sudah bisa menikmati sdaluran TV digital.

Tinggalkan Balasan