Cek Segera, Daftar Bansos yang Cair di Bulan November, Kamu sudah Terdaftar?

JABAREKSPRES.COM – Dibulan November ini akan ada 6 jenis bantuan sosial (bansos) yang akan cicairkan pemerintah untuk masyarakat. Daftar 6 bansos yang akan cair tersebut bisa dicek di dalam artikel ini.

Bantuan langsung tunai (BLT) ojeg online manjadi salah satu yang masuk dalam daftar bansos yang cair bulan november ini. Hal ini terkait dengan kebijakan pemerintah yang beberapa waktu lalu menaikkan harga BBM.

Pengemudi Ojeg online dinilai menjadi yang paling terdampak dari kebijakan tersebut. Karenanya ojeg online menjadi salah satu yang diprioritaskan menerima bantuan tersebut.

Selain BLT Ojeg online, juga ada BLT BBM tahap 2 dan bansos lain yang akan cair di bulan ini. Diantaranya bansos subsidi gaji, UMKM, sampai BLT nelayan.

Berikut daftar bansos yang akan kembali cair pada November 2022.

1. BLT Ojek Online (Ojol)

Dibeberapa daerah ada kebijakan dari Pemdanya untuk memberikan bantuan sosial bagi pengemudi ojeg online. Salah satunya Pemerintah Kota Medan, yang akan menyalurkan dana bantuan langsung tunai (BLT) kepada penarik becak motor, pengemudi ojek online (ojol) dan sopir angkutan kota (angkot).

Bantuan akan diberikan kepada 17.229 orang penarik bentor, pengemudi ojol, dan sopir angkot yang akan menerima bantuan langsung tunai sebesar Rp600 ribu per orang tersebut.

2. BLT BBM

BLT BBM yang dicairkan ini mencapai Rp12,17 triliun dengan masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) akan menerima Rp150 ribu per bulan selama empat bulan yaitu pada September hingga Desember dan akan diberikan dua kali secara bertahap dengan nominal Rp300 ribu.

3. BLT Dana Desa

BLT Dana Desa akan dihapus di tahun depan. Penghapusan BLT Dana Desa akan dialihkan ke bantuan sosial yang lainnya. BLT Dana Desa 2023 ini akan dihapus bila anggaran untuk penanganan Covid-19 tahun depan sudah tidak ada. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi A Halim Iskandar mengatakan, BLT pada 2023 kemungkinan masih dianggarkan, tapi bukan untuk mengatasi pandemi yang penyalurannya lebih luas, tapi untuk mengatasi penanganan kemiskinan ekstrem.

4. BLT Nelayan

BLT Dana Desa akan dihapus di tahun depan. Penghapusan BLT Dana Desa akan dialihkan ke bantuan sosial yang lainnya. BLT Dana Desa 2023 ini akan dihapus bila anggaran untuk penanganan Covid-19 tahun depan sudah tidak ada. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi A Halim Iskandar mengatakan, BLT pada 2023 kemungkinan masih dianggarkan, tapi bukan untuk mengatasi pandemi yang penyalurannya lebih luas, tapi untuk mengatasi penanganan kemiskinan ekstrem. 2. BLT Nelayan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan