RPSC Ajak Masyarakat Cinta Lingkungan Lewat Pelatihan Pengolahan Sampah

JabarEkspres.com, BOGOR – Rumah Pengolahan Sampah Citra (RPSC) yang terletak di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, mengajak masyarakat untuk mencintai kebersihan dan peduli terhadap sampah melalui beberapa program pelatihan.

Pelatihan ekowisata ini bertujuan, untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab peserta terhadap sampah, membangun budaya pemilahan sampah serta membuang sampah pada tempatnya sesuai jenis.

Juga untuk mengurangi dampak negatif sehingga terciptanya lingkungan yang bersih dan asri, meningkatkan kesejateraan melalui pengolahan sampah terpadu dan  meningkatkan kreativitas peserta mengelolah sampah yang dapat didaur ulang.

Pemilik Rumah Pengolahan Sampah Citra Lukman Nurdiansyah menjelaskan, tempat pengolahan sampah ini lahir atas dasar pikiran para stakeholder yang mengharapkan daerahnya bersih, lingkungan sehat dan bebas dari sampah.

“Datang nya peserta atau kunjungan yang berkunjung kesini nantinya bisa diadopsi di daerahnya masing-masing, ketika mereka ikut pelatihan ekowisata,” kata Lukman Nurdiansyah kepada Jabar Ekspres, Senin, 31 Oktober 2022.

Di tempat ini, Kata Lukman, peserta nantinya diajarkan bagaimana cara untuk mengelola sampah mulai dari memilah, perkenalan jenis sampau hingga hasil pengolahan sampah itu sendiri.

Sehingga sampah yang tadinya jadi masalah akan memiliki nilai yang berharga sehingga dapat memicu perubahan mental para peserta.

“Pelatihan ini di mana ada multiefek yang didapat oleh para peserta, ilmunya dapat, lingkungannya bersih dan ekonominya meningkat. Ketika sampah dibiarkan tentu akan jadi masalah, tetapi jika disentuh akan menjadi nilai yang berharga,” lanjutnya.

Pengolahan sampah di rumah citra ini mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos dan organik cair serta daur ulang sampah recycle menjadi cacahan plastik.

Sampah-sampah yang ada di dalam tempat pengolahan rumah citra tersebut didapat dari beberapa kabupaten di Jawa Barat seperti, Kabupaten Cianjur, Sukabumi dan Kabupaten Bogor.

“Di tempat ini kami memproduksi sampai sampai 1 hingga 1,5 ton kalo sebulan bisa 30 ton, nantinya sampah ini kamu suplai ke tempat pencetak biji plastik dan kemudian dikirim kembali ke produsen barang jadi seperti produk rumah tangga,” pungkasnya.

Rumah Pengolahan Sampah Citra juga menawarkan kepada para pengunjung pakai ekowisata dengan harga yang terjangkau yakni mulai dari Rp150 ribu hingga Rp280 ribu untuk satu orang peserta.*** (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan