Gerak Jalan Kerukunan Beragama Diikuti Ribuan Santri

INDRAMAYU – Dalam rangka memperinganti hari santri ribuan masyarakat dari kalangan pondok pesantren mengikuti gerak jalan kerukunan yang dilaksanakan oleh Kantor wilayah Kemenag Jabar di  Kabupaten Indramayu pada Kamis (27/10).

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Indramayu Nina Agustina itu, diikuti oleh ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di Jawa Barat.

Turut hadir dalam acara, Sekjen Kemenag, Prof. Nizar yang didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jabar, H. Ajam Mustajam.

Para santri berjalan sekitar 4 km, dengan start dari Kampus Politeknik Negeri Indramayu dan finish di Asrama Haji Indramayu.

Usai gerak jalan para peserta langsung menggelar istighosah atau doa bersama.

Kegiatan ini tersebut sengaja digelar untuk memperkenalkan asrama haji Indramayu kepada publik.

Menurut Nizar rencananya Asrama Haji Indramayu akan digunakan sebagai embarkasi haji asal Jawa Barat pada tahun 2023.

Selain bekasi, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak terkait supaya pemberangkatan jamaah haji di wilayah Jawa Barat seyogyanya bisa berangkat dari Bandara yang dimiliki oleh Jawa Barat, yakni Kertajati.

Dikatakan, Bandara Kertajati sudah memiliki direct flight dari Kertajati ke Saudi Arabia. Sehingga mampu memangkas kelelahan jemaah.

“Kalau semua ke Bekasi terlalu banyak dan bisa memangkas jarak. Apalagi di asrama haji ini fasilitasnya lebih lengkap. Ada ruang untuk manasik dna yang lainnya. Termasuk ada ruangannya untuk keluarga bisa mengantarkan jemaah,” jelasnya.

Diakui Nizar, Embarkasi Indramayu ini memang belum 100 persen selesai pembangunannya. Namun, sudah ada beberapa bangunan yang bisa digunakan.

“Untuk satu kloter atau satu kali pemberangkatan saja sudah cukup. Jadi yang saru masuk yang satu keluar. Sudah clear kan. Jadi secara operasional sudah bisa digunakan,” ujarnya.

Ia berharap jika nanti Indonesia mendapatkan kuota haji tambahan, maka sarananya sudah siap.

Sementara itu, Ajam Mustajam mengatakan pembangunan asrama haji ini baru sekitar 50 persen. Namun, sudah ada sekitar 130 kamar tidur.

“Kami menargetkan Mei 2023 asrama haji ini sudah bisa digunakan untuk pemberangkatan jemaah haji. Sedangkan untuk umroh sudah bisa digunakan November 2022 ini,” jelasnya.

Ia menyebutkan luas asrama haji mencapai 13 hektare. Sekian dibangun asrama haji di sini, juga akan didirikan museum haji mockup pesawat, dan tempat manasik haji.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan