Fakta Tentang Beam, Sepeda Listrik di Kota Bogor

BOGOR – Moda transportasi ramah lingkungan dengan menggunakan baterai berisi tenaga listrik baru-baru ini sedang digalakan pemerintah, khususnya di kota-kota yang membolitas warganya tinggi, semisal di Kota Bogor.

Dengan menyediakan sepeda listrik BEAM di pusat jantung Kota Bogor, diklaim menjadi salah satu solusi untuk menekan tingginya emisi gas karbon Co2 dan No2, sekaligus mengurangi kemacetan di jalan raya.

“BEAM Rover ini memang diciptakan untuk mengatasi permasalahan mobilitas kecil. Sepeda listrik yang kami buat ini sangat sederhana dan aman untuk digunakan masyarakat, tentunya sebelum menggunakan masyarakat harus mematuhi ketentuan keselamatan,” ungkap Isabelle Neo selaku VP Public Affairs, Beam Mobility Holdings dikutip Kamis, 27 Oktober 2022.

Ia menjelaskan, selain aman dan ramah lingkungan, sepeda listrik BEAM Rover dilengkapi fitur komunikasi IoT. Alat ini berfungsi untuk mengunggah status setiap armada secara langsung dan menditekasi ketika ada permasalahan di jalan atau jalur khusus sepeda, termasuk ketika baterai perlu diganti.

“Karena diciptakan untuk keamanan, kecepatan sepeda listrik BEAM Rover sudah diatur pengguna tidak bisa memacu sepeda lebih dari 25 kilometer/jam. Selain keamanan dan kenyamanan, sepeda listrik BEAM Rover ini diciptakan untuk mengurangi emisi gas karbon Co2 dan No2 yang berbahaya bagi lingkungan,” bebernya.

Sementara itu, Country Head, Beam Indonesia, Ady Muzadi menambahkan, masyarakat Kota Bogor yang ingin menggunakan sepeda elektrik BEAM Rover akan dikenakan biaya akses sebesar Rp 1.750. Penggunaan setiap menitnya dikenakan biaya Rp 700.

Ady menjelaskan, saat ingin memulai menggunakan, masyarakat tinggal mengikuti enam petunjuk panduan dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi BEAM.

“Pembayarannya non tunai melalui dompet digital, semisal OVO dan Shopee Pay. Sepeda elektrik BEAM Rover bisa diakses setiap hari selama 24 jam. Di setiap armada disediakan baterai cadangan untuk langkah antisipasi saat baterai yang terpasang dayanya habis diperjalanan,” jelasnya.

Dia mengaku, sejak diluncurkan bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya pada 23 September lalu, masyarakat kota hujan ini sangat antusias menggunakan sepeda elektrik BEAM Rover.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan