8 Pasien Gagal Ginjal Akut Meninggal di RSHS Bandung

BANDUNG – Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mencatat sudah ada 8 orang pasien gagal ginjal akut yang meninggal dalam perawatan.

Dari 12 pasien yang dirawat sejak bulan agustus 2022, tinggal menyisakan satu orang yang masih dirawat di RS rujukan nasional tersebut, 8 diantaranya meninggal dan 3 orang dilaporkan sembuh.

Pelaksanaan tugas (Plt) Direktur utama (Dirut) RSHS Bandung, Dr. Yana Akhmad mengatakan dari 12 pasien tersebut 8 orang diantaranya meninggal dunia.

“Memang masih ada satu orang (yang dirawat), tapi kasus ini sama dimana-mana untuk angka kematiannya besar. Sehingga dari 12 yang kami rawat, 50 persennya pasien meninggal. jadi yang meninggal 8,” ucapnya saat ditemui di RSHS Bandung, Rabu (26/10).

Yana menjelaskan, pihaknya kini tegah fokus melakukan penyembuhan terhadap satu orang pasien yang masih dilakukan perawatan.

Dia menambahkan, RSHS Bandung tengah mengajukan permintaan obat dalam melakukan penyembuhan penyakit gagal ginjal akut progresif tersebut.

“Sudah kami minta tapi blm datang, dan sudah kami ajukan juga karena sudah diminta Kemenkes (kementerian kesehatan). Sehingga Kami sedang fokus (penyembuhan), karena ini kan sudah ditangani betul oleh menteri kesehatan,” ujarnya

Tak hanya itu, Yana juga menyampaikan bahwa tren penambahan kasus di RSHS Bandung belum terjadi. “Hari ini belum ada kasus yang baru. Kemarin Minggu lalu ada tiga kemudian, satu bisa pulang, satu lagi (pasien) meninggal,” ungkapnya

Maka agar kasus tersebut tidak semakin bertambah, Yana menuturkan RSHS Bandung akan terus mengantisipasi terhadap penyebaran gagal ginjal akut progresif dimasyarakat.

“Itu yg harus dicegah, kami sidah tau mana saja sirup (obat) yang boleh dipakai dan enggak. Satu sisi kami mesti meningkatkan penanganannya, karena kasus ini kan kasus umum yang perlu penanganan khusus,” tuturnya

Sebelumnya, RSHS Bandung menyebut pihaknya telah menerima sebanyak 12 pasien gangguan gagal ginjal akut progresif sejak periode bulan Agustus 2022.

12 pasien tersebut, Kepala Divisi Nefrologi KSM IKA, Prof. Dr. Dany Hilmanto mengatakan bahwa 3 diantaranya sampai saat ini masih dalam perawatan tim Dokter RSHS.

“Kita total ada 12 orang (pasien), dan sekarang yang sedang dirawat ada tiga orang tapi ada satu orang hari ini sudah membaik dan insyaallah bisa pulang,” Katanya di RSHS Bandung, Rabu (19/10). Lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan