8 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Berhubungan Intim, Wajib Tahu

JABAR EKSPRES – Banyak wanita sudah menyadari hal apa saja yang semestinya dilakukan saat hendak berhubungan intim dengan pasangannya. Mulai dari mempersiapkan diri, membangun keintiman, hingga mengatur suasana hati. Namun apakah kalian tahu apa yang harus dilakukan setelah berhubungan intim.

Hal yang harus dilakukan setelah berhubungan bukan langsung tertidur, berponsel ria, atau menonton televisi setelah bercinta. Sebab, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan setelah berhubungan intim.

Nah, berikut ini adalah 8 hal yang harus dilakukan wanita setelah berhubungan intim dikutip dari Halodoc:

1. Buang Air Kecil

Kurang menjaga kebersihan organ intim adalah salah satu penyebab Infeksi saluran kemih (ISK) pada wanita. Menurut jurnal dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, “Urinary Tract Infection”, hubungan seksual merupakan penyebab ISK yang terbilang umum

Ini karena hubungan seksual bisa mendorong migrasi bakteri ke dalam uretra (saluran yang mengalirkan urin dari kandung kemih) dan kandung kemih. Nah, hal inilah yang ujung-ujungnya bisa menyebabkan ISK dan menimbulkan sederet gejala.

Perlu diketahui, ISK lebih berisiko dialami wanita ketimbang pria. Alasannya, uretra wanita dekat dengan anus, sehingga bakteri lebih mudah masuk dan menyebar ke dalam vagina, termasuk uretra. Kedua, uretra wanita lebih pendek ketimbang pria. Artinya, bakteri akan lebih mudah untuk memasuki uretra.

Kecing setelah berhubunga seks bisa membantu menghilangkan bakteri dari uretra. Meski belum ada bukti yang kuat, tetapi tak ada salahnya mengikuti praktik ini. Menurut beberapa ahli, buang air kecil usai bercinta bisa membantu mengurangi risiko ISK. Terutama pada wanita yang lebih rentan terhadap ISK.

2. Basuh Vagina dengan Lembut dengan air

Hal yang harus dilakukan setelah berhubungan intim adalah membasuh vagina dengan air merupakan hal yang harus dilakukan setelah bercinta. Karena setelah berhubungan intim, vagina bisa terpapar beragam jenis bakteri. Kotoran ini bisa masuk dari pelumas, oral seks (mulut), atau alat bantu seksual (sex toys).

Bagimana cara membersihkan vagina yang tepat? Gunakanlah air hangat dengan sabun yang berbahan lembut. Selanjutnya, basuhlah organ intim dari depan ke belakang. Tujuannya agar bakteri di anus tak menyebar ke vagina.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan