Tiga Bangunan Toko di Padalarang Bandung Barat Ambruk Akibat Tanah Longsor

KBB – Tiga bangunan toko di Kampung Cicau, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengalami kerusakan parah akibat longsor yang terjadi pada Sabtu 22 Oktober 2022.

Ketua RW 01, Zaenal Mutakin, 45, mengatakan, peristiwa longsor tersebut terjadi pada pukul 06.30 WIB. Intensitas hujan ringan hingga lebat dengan durasi yang lama beberapa hari terakhir diduga menjadi penyebab tebing itu longsor.

“Pertama itu tanahnya labil, diperparah dengan hujan deras beberapa hari terakhir ini tinggi. Kaget juga pagi-pagi itu ada suara retakan-retakan gitu, kebetulan rumah saya berada di depan toko yang rusak parah,” ucap Zaenal di lokasi kejadian.

Akibat peristiwa tersebut, bagian belakang tiga toko itu ambruk. Letak bangunan tersebut, tepat berada di atas TPT yang mengalami longsor.

Sementara satu bangunan rumah yang berada di bawah tebing terancam mengalami longsor. Tampak material longsor sudah mengenai rumah salah satu warga.

“Beruntung penjual di 3 toko itu belum buka. Yang terdampak ada 5 bangunan, 3 toko yang sudah rusak berat, 1 toko disampingnya pun terancam, dan satu rumah di bawah TPT itupun terancam juga,” jelasnya.

Sementara itu Camat Padalarang Dudy menjelaskan, pihaknya mengimbau kepada penghuni rumah agar segera mengungsi dikarenakan khawatir akan terjadi longsor susulan. Kontur tanah di wilayah Desa Jayamekar pun relatif labil.

“Kita berikan edukasi juga pemilik rumah agar mengungsi untuk sementara waktu. Dikhawatirkan longsor susulan terjadi,” ucapnya.

Duddy berserta relawan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat melakukan gotong royong membersihkan sisa-sisa material

“Untuk bangunan yang terkena longsor kemungkinan harus dirubuhkan, karena khawatir juga satu ruko yang disampingnya ikut longsor jadi kita akan lakukan evakuasi dengan cara merubuhkan bangunan itu. Tapi kita juga masih memenuhi izin dari pemilik toko tersebut,” bebernya.

Tinggalkan Balasan