Dua Stasiun di Kota Bogor Kembali Ditata, BTP Jabar Bakal Bangun Skybridge

JabarEkspres.com, BOGOR – Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat (BTP Jabar) berencana bakal mempercantik dua stasiun yang berada di Kota Bogor.

Hal itu dimatangkan dengan menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pada Kamis, 20 Oktober 2022.

Dalam rakor yang dipimpin Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim bersama Kepala BTP Jabar, Erni Basrit itu membahas tiga program yang akan dilaksanakan di Kota Bogor.

Diantaranya, pembangunan skybridge yang menghubungkan Stasiun Bogor, Alun-alun dan Stasiun Paledang, revitalisasi pedestrian dari Alun-alun sampai dengan jembatan merah serta pembangunan underpass Batutulis dan penataan Stasiun Batutulis.

“Alhamdulillah ada tiga program dari BTP Jabar yang akan segera dilaksanakan di Kota Bogor. Mudah-mudahan bisa diselesaikan dalam satu tahun ke depan,” ungkapnya dikutip pada Jumat, 21 Oktober 2022.

Secara umum, sambung dia, paparan dan koordinasi yang ada berjalan baik. Selain masukan, ada langkah-langkah yang harus lebih dimatangkan terutama untuk koordinasi dengan berbagai pihak agar pelaksanaan pembangunannya tidak ada kendala.

Mantan pejabat KPK itu mengimbau, kepada masyarakat nantinya untuk bisa memahami terganggunya lalu lintas akibat dari proses pembangunan.

Menurutnya, hal tersebut semata-mata dalam rangka membuat Kota Bogor menjadi lebih baik lagi ke depan.

Disinggung JPO Paledang, dia menyebutkan, rencananya akan dihilangkan. Sebab, secara teknis sudah tidak memadai lagi dan dari sisi derajat kemiringan juga kurang memadai.

“Tetapi skybridge yang sekarang akan dibangun bukan pembangunan pengganti (JPO) Paledang,” ujarnya.

“Nanti dari Alun-alun sampai stasiun paledang bisa diakses dengan skybridge. Jadi paling tidak mengurangi volume masyarakat,” imbuhnya.

Untuk dua permasalahan vital seperti pedagang kaki lima (PKL) dan banjir, Ia menyatakan, penataan pedestrian kawasan stasiun dilakukan juga dengan pembuatan drainase berupa box cover bukan hanya U Ditch.

Kemudian untuk PKL, tentu dengan adanya akses ke skybridge diharapkan bisa ditata semaksimal mungkin agar lebih cantik dan rapi.

Kepala BTP Jabar, Erni Basri mengharapkan dukungan agar rencana pembangunan ketiganya bisa selesai tepat waktu.

Saat ini pihaknya tengah menjalani proses awal pembangunan skybridge di kawasan stasiun Bogor sambil me-matching-kan rencana yang ada dengan pihak terkait lain.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan