Penyaluran KUR Pertanian Lebihi Target Sebesar Rp 90.8 T

JAKARTA – Untuk penyaluran KUR pertanian pemerintah telah menargetkan sebesar Rp 90 Triliun. Namun untuk realisasinya sampai Oktober 2022 sudah melampaui target menjadi Rp 90,8 Triliun.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Ali Jamil mengatakan, keberhasilan ini adalah prestasi yang patut diapresiasi.

“Saya dapat laporan realisasi (penyaluran KUR pertanian) sudah lebih dari 100%,” kata Ali dalam webinar bertajuk “KUR: Solusi Permodalan di Krisis Pangan Global“, Rabu (19/10) kemarin.

Menurutnya, ckeberhasilan ini pernah terjadi sejak tiga tahun terakhir. Pada 2020, realisasi penyaluran KUR sektor pertanian mencapai Rp50 triliun. Pada 2021, penyaluran mencapai Rp85,6 triliun dari target Rp70 triliun.

Adanya penyaluran KUR Pertanian ini mendapat sambutan dari masyarakat, khususnya lkalangan petani. Sehingga sangat membantu produktifitas hasil pertanian.

Program Penyaluran KUR sendiri telah berjalan hampir 15 tahun. Skema pembiayaan ini telah berhasil mengangkat dan memperkuat kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah.

KUR adalah langkah konkrit pemerintah meningkatkan akses pembiayaan kepada UMKM, melalui lembaga keuangan dengan penjaminan.

Dana yang disediakan untuk modal kerja dan investasi ini menyasar lima sektor usaha, yakni pertanian, perikanan, kelautan, koperasi, kehutanan, perindustrian, dan perdagangan. Setiap tahun, plafon KUR terus meningkat. Di 2022, plafon KUR disediakan sebesar Rp373 triliun.

Menurut Ali Jamil, di era pandemi Covid-19 terjadi relaksasi aturan pembiayaan terkait usaha pertanian. Relaksasi ini dapat dimanfaatkan oleh para petani untuk meningkatkan produksi mereka. Harapannya, jelas Ali, produksi pangan nasional akan meningkat.

“Dengan relaksasi yang ada saat ini, kami juga akan mendorong kemudahan lain yang dapat dimanfaatkan oleh para petani. Terutama di besaran DP atau uang muka pembelian alsintan (alat dan mesin pertanian),” ujar Ali.

KUR Yang Ideal

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pembiayaan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Indah Megahwati, mengatakan Kementerian Pertanian sudah berkirim surat ke Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terkait relaksasi tersebut.

“Agar tidak terlalu lama untuk pengecekan kelayakan pembiayaan. Sehingga kita bisa dorong manfaat pembiayaan KUR ini,” kata Indah.

Indah menjelaskan dukungan pembiayan KUR yang dianggap ideal oleh petani. Dari sisi plafon Rp500 juta Indah berharap bisa dinaikkan menjadi Rp2 miliar. Lalu, uang muka pembelian alsintan sebesar 30%, Indah berharap bisa diturunkan menjadi 5% atau 10% saja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan