Apa Itu Rebo Wekasan? Ada di Film Inang Ternyata Jadi Hari Paling Sial

Jabarekspres – Rebo wekasan disebut-sebut ada dalam Film Inang yang merupakan film horror dan telah tayang sejak 13 Oktober 2022.

Mengangkat salah satu tradisi budaya ‘Rebo Wekasan’ membuat film ini semakin memiliki ketertarikan untuk ditonton.

Lalu apa itu tradisi Rebo Wekasan dan bagaimana mitos terkait hari tersebut?

Menurut Rukman Rosadi selaku acting coach di Film Inang menyebutkan bahwa ada kepercayaan terhadap Rebo Wekasan itu memiliki banyak petaka.

“Konon dalam sejarahnya ada banyak petaka terjadi, maka di hari itu selalu diperingati dengan membuat ritual untuk berdoa dan di Jawa disebut Rabu Wekasan,” ujar Rukman Rosadi dalam channel YouTube HAHAHA TV, Rabu (12/10/2022).

Pada wawancara di channel tersebut juga ada Sang Sutradara Film Inang (Fajar Nugors) beserta pemeran utama (Naysilla Mirdad).

Sutradara Film Inang, Fajar Nugros juga turut menuturkan bahwa tradisi Rebo Wekasan di beberapa wilayah di Jawa masih melakukan tradisi ini.

“Beberapa daerah di Jawa masih, jadi lebih tepatnya adalah itu hari pertama Nabi Muhammad jatuh sakit, dipercaya di Hari Rabu terakhir Bulan Safar itu Tuhan menurunkan 250.000 penyakit ke bumi,” jelas Fajar.

Fajar menjelaskan gambaran di hari Rebo Wekasan bahwa orang yang tidak lahir di hari itu saja membutuhkan ritual untuk menyelamatkan diri. Contohnya ketika mau syuting ada acara ‘selametan’ meskipun misalkan keberuntungan kita lebih bagus.

Namun, ia membayangkan kembali apabila yang lahir di hari sial tersebut, berarti harus melakukan ‘selametan’ untuk menyelamatkan diri atau bertahan diri.

“Ternyata di kepercayaan Jawa ada hari sial itu, nah kita yang tidak lahir di hari sial itu pada saat hari itu datang saja kita ‘selametan’ nah bayangkan jika ada anak yang lahir di hari sial itu, selametan seperti apa yang harus dilakukan?,” pungkas Fajar sebagai Sutradara Film Inang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan