Tidak Ada Petugas yang Bantu Evakuasi Longsor di Desa Gunung Geulis, Warga Nantikan Bantuan

BOGOR – Puluhan warga secara swadaya melakukan evakuasi reruntuhan bangunan vila yang hancur serta memperbaiki listrik yang padam di lokasi bencana longsor di Kampung Bojong, Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, pada Kamis 14 Oktober 2022.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lapangan, para warga secara kompak mulai dari mengevakuasi reruntuhan bangunan, membuat akses jalan hingga memperbaiki kabel listrik yang terputus

Di lokasi bencana longsor tersebut belum terlihat petugas yang membantu warga, adapun petugas yang datang hanya memantau lokasi saja, lalu pergi..

Hal ini dikeluhkan oleh salah satu warga bernama, H. Jarkasih mengatakan, warga berinisiatif mengevaluasi secara swadaya lantaran penanganan dari petugas kurang responsif.

“Kalau nunggu petugas mah begini-begini aja kondisinya, jadi warga insiatif evakuasi, alat berat mana sampe sekarang juga belum datang,” keluhnya.

Inisiatif itu dilakukan warga lantaran adanya kekawatiran terjadi longsor susulan jika hujan kembali mengguyur Desa Gunung Geulis.

“Ya kawatir Kang, kalau gak dievaluasi secepatnya nanti hujan lagi gimana. Kan sekarang musim hujan, kalau ada longsor susulan rumah yang posisinya di bawah pasti kena,” tambahnya.

Warga mengeluhkan tidak adanya petugas saat malam hari pasca bencana longsor terjadi, hingga membuat warga memantau keadaan lingkungan secara mandiri.

“Malam gak ada petugas yang stan by, malah kita aja warga yang bergadang. Padahal tanah di sini masih bergerak,” bebernya.

Selain itu, warga berharap adanya respon cepat dan bantuan dari petugas Pemerintah setempat maupun pemerintah Daerah.

“Kami juga butuh konsumsi, belum makan, gimana mau makan, listik aja mati, kan masak di gas, jadi berharap ada bantuan, yang terpenting sih alat berat,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan