Pernah Zina, Segera Bertaubat Karena ini Termasuk Dosa Besar, Berikut Tatacara Taubatan Nasuha

JABAREKSPRES.COM – Pergaulan diera digitalisasi seperti saat ini sangatlah tidak terkendali. Orang dengan mudahnya melakukan perbuatan dosa tanpa ada rasa penyesalan. Salah satu dosa yang kini sangat marak dilakukan adalah Zina. Padahal dosa zina termasuk dosa besar yang ancaman hukumannya tidak main-main. Berikut akan dijelaskan tatacara taubat dari dosa zina.

Zina adalah perbuatan yang dilakukan bukan karena pernikahan yang sah, bukan karena syuhbat, dan bukan karena pemilikan (budak).

Perzinahan sekarang ini sangatlah mudah terjadi, bahkan ada aplikasi yang mendukung untuk para penggunanya melakukan transaksi perzinahan. Persinahan sudah menjadi bisnis yang menguntungkan bagi beberapa pihak.

Padahal Zina digolongkan dalam dosa besar, bukan hanya pelakunya, bahkan orang yang mendukung terjadinya perzinahan juga akan menanggung dosanya.

Ancaman hukuman bagi dosa zina disebutkan dalam ayat pada surah Al-Furqan,

“dan orang-orang yang tidak menyembah Rabb yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) tang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa, (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu dalam. keadaan terhina, kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka iru kejahatan mereka akan diganti Allah dengan Kebajikan.” (QS. Al-Furqan: 68-70)

Dari ayat diatas terlihat jelas hukuman dari dosa besar Zina, yakni dosa akan dilipat gandakan pada hari kiamat dan akan kekal dalam azab tersebut. Karenanya, sebelum kematian memanggil, sebaiknya segera bertaubat.

Bertaubat bukan hanya menyesali telah melakukan dosa tersebut, namun juga berjanji tidak akan melakukannya lagi, dan menjadi lebih beriman dan mengerjakan amal sholeh.

Cara taubat dari dosa zina yang benar adalah dengan taubat nasuha atau taubat yang dilaksanakan dengan tulus.

Taubat Nasuha yaitu dengan menghindari dosa itu saat ini, menyesali dosa itu, bertekad tidak mengulangi dosa itu lagi di masa yang akan datang.

Berikut 7 cara taubat dari zina:

1. Ikhlas karena Allah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan