No Bra Day atau Hari Tanpa Beha setiap 13 Oktober 2022, Antara Kontroversi dan Edukasi

JAKARTA – No Bra Day atau hari tanpa beha atau hari tanpa bra diperingati setiap tanggal 13 Oktober. Hingga tahun 2022 ini, No Bra Day selalu memunculkan kontroversi meski terdapat edukasi di dalamnya.

Karena itu, no bra day alias hari tanpa beha yang diperingati hari ini tanggal 13 Oktober 2022 selalu menjadi perbincangan hangat.

Benarkah Nobra day atau hari tanpa beha memberikan manfaat kepada wanita? Sampai hari ini setiap tanggal 13 Oktober selalu memperingati nobra day.

Sebelum berbicara mengenai perayaan sehari tanpa bra, penentuan tanggal 13 Oktober sebagai no bra day sebenarnya memiliki pesan edukasi.

Sejarah No Bra Day

Hari tanpa beha sebenarnya bukan hanya soal seharian tanpa menggunakan pakaian dalam.

Hal itu berawal sebagai kepedulian terhadap mereka yang mengidap kanker payudara. Sekaligus mengajak kaum wanita untuk lebih menaruh perhatian terhadap kesehatan payudara.

Peringatan setiap tanggal 13 Oktober lebih kepada upaya mengingatkan publik terhadap bahaya kanker payudara dan bagaimana melakukan pencegahan.

Secara umum, tidak menggunakan bra bagi wanita sebenarnya memang memiliki manfaat. Baik sirkulasi darah yang lebih lancar hingga kualitas penapasan dan tidur.

Seperti diketahui, menggunakan bra memang memberikan penekanan tertentu pada pembuluh darah, yang disebabkan adanya karet dan kawat.

Kemudian, penggunaan bra baik berbahan kawat maupun karet yang menempel pada kulit, dapat mengganggu aliran darah.

Penggunaan bra juga dapat meningkatkan kelembapan di area dada, sehingga membuat produksi keringat berlebih.

Dengan tidak menggunakannya sesekali, dapat membantu untuk mengurangi kelembapan tersebut.

Tidak kalah penting adalah mencegah terjadinya iritasi di area dada, karena adanya gesekan dengan tali maupun kawat.

Dilansir dari Shape, dr Sherry Ross MD menjelaskan, tidak menggunakan bra dapat membuat bagian payudara terbebas dari tekanan.

Kendati demikian, pada beberapa kegiatan yang diharuskan menggunakan bra untuk alasan kesehatan. Seperti misalnya saat berolahraga.

“Bra sangat penting saat olahraga terutama berlari,” katanya. “Jika Anda tidak memakai bra, payudara Anda akan melorot,” kata Dr Ross.

Apalagi, sekarang sudah tersedia bra untuk berolahraga dan bisa menunjang aktivitas fisik saat menggunakannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan