4 Shalawat Yang Paling Sering Dibaca Saat Malam Jumat

JABAREKSPRES.COM – Malam jumat, atau kamis malam, memiliki banyak amalan yang bisa dilakukan masyarakat muslim. Selain anjuran membaca Yasin, tahlil juga Surat Al Kahfi, ada juga sholawat yang senantiasa dibaca pada malam jumat.

Malam jumat disebut juga malam Sayyidul Lail atau pengulu malam lainya, memang memiliki keistimewaan. Salah satunya adalah karena Malam Jumat berlimpah cahaya, dan siang harinya terang-benderang dengan cahaya spiritual.

Keutamaan melakukan amalam ibadah pada malam jumat dan hari juamt adalah, karena amalan yang dilaksanakan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Selain itu, saat malam Jumat adalah janji Allah SWT yang akan mengabulkan doa atau permintaan dari hambanya.

Malam jumat menjadi salah satu waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa, karenanya disarankan untuk banyak-banyak memanjatkan doa salah satunya dnegan bersholawat.

Salah satu bacaan tahmid yang juga memiliki banyak keutamaan saat dibaca dihari jumat adalah :

Subhanallahi wal hamdulillahi wa la ilaha illahu wallahu akbar

Adapun shalawat yang banyak dibaca saat malam jumat diantaranya:

1. Sholawat Hajat Dunai Akhirat

اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَيَّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أَلِ سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـٰى أَهْلِ بَــيْـتِهِ

Artinya :
“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada ahli keluarganya ”

2. Sholawat Ummy

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَلى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّمْ

Artinya :
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.

3. Sholawat Mukafa’ah

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عِلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْبُوْلَةً تُـؤَدِّى بِهَا حَقَّهُ الْعَظِيْمِ .

Artinya :

“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Alloh swt, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”

4. Sholawat Syifa

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَصِحَّةَ اْلأَبْدَانِ وَعَافِيَتِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ.

Artinya :

“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, kepada junjungan kita nabi Muhammad saw yang menjadi dokter semua hati dan obatnya, yang menjadi sehat semua badan dan kesejahteraannya, yang menjadi cahaya semua hati dan kemuliaannya. Dan semoga rahmat terlimpah kepada segenap keluarga beliau dan kepada para sahabat-sahabatnya, serta limpahkanlah salam dan kesejahteraan kepada mereka semua.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan