Hadapi Cuaca Ekstrem, PLN UP3 Cimahi Siapkan 216 Personel Layanan Teknik

Jabarekspres.com  – Dalam upaya menjaga pelayanan tetap prima di tengah kondisi cuaca ekstrem saat ini, PLN UP3 Cimahi mengerahkan petugas lebih intensif untuk mengamankan jaringan listrik dari bahaya korsleting maupun gangguan yang mengakibatkan penyaluran listrik terhambat. Terlebih saat terjadi hujan kerap terjadi banjir dan genangan air dimana-mana.

Hal itu diungkapkan Manager PLN UP3 Cimahi Albert Sitompul kepada wartawan, belum lama ini.

”Untuk kesiapsiagaan pelayanan, PLN juga tetap menjaga kontinuitas pasokan listrik melalui pelayanan teknik 24 jam setiap harinya,” ungkap Albert.

Menurutnya, khusus di wilayah UP3 Cimahi ada beberapa titik daerah yang menjadi perhatian. Pasalnya di titik-titik daerah tersebut rawan terjadi gangguan karena banyaknya pohon-pohon tinggi yang dekat jaringan.

”Tapi ada juga beberapa kasus gangguan yang terjadi karena adanya papan reklame atau billboard runtuh dan menimpa jaringan listrik karena hujan deras dan angin kencang,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, ada beberapa wilayah yang juga menjadi perhatian seperti, bantaran kali atau sungai di wilayah Cibabat, Cimindi, Cipageran yang rawan terhadap luapan air sungai maupun saluran air.

”Walaupun banjir yang terjadi cepat surut dan juga terjadinya hanya ketika terjadi hujan besar, tapi kita tetap mewaspadai potensi gangguan disaat musim hujan seperti sekarang ini,” paparnya.

Selain perawatan berkala, PLN UP3 Cimahi juga mengerahkan sebanyak 216 personel layanan teknik yang tersebar di 7 unit layanan yang ada. ”Mereka sudah siap sedia 24 jam untuk mengatasi gangguan pasokan listrik,” imbuhnya.

Sementara untuk proses perbaikan gangguan, Albert menyatakan jika pihaknya tidak bisa menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Sebab, lamanya waktu perbaikan tergantung dari jenis gangguan dan jarak wilayah dan kondisi di lapangan.

”Waktu persisnya tergantung dari jenis gangguan yang ada. Yang pasti kita optimalkan secepat mungkin untuk mengatasi setiap gangguan,” bebernya.

Dia pun memastikan jika pihaknya tidak akan membeda-bedakan untuk penanganan gangguan jaringan. ”Meski lokasi jauh dan terpencil, kami tidak membeda-bedakan. Semua akan kita prioritaskan,” ucapnya.

”Kami selalu mengutamakan kenyamanan pelanggan dalam menikmati dan menggunakan pasokan listrik. Baik itu aksesnya sulit selama ada jaringan listrik di lokasi tersebut dan mengalami gangguan pasti akan kami perbaiki segera,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan