Manfaatkan Lahan Tidur Lettu Martona Berhasil Panen Tomat dan Sayuran

BANDUNG – Sosok Lettu Kaveleri Martona merupakan prajurit sederhana. Kesehariannya bertugas di Pussenkav Kota Bandung.

Di sela-sela kesibukannya, ternyata dia berhasil mengembangkan tanaman sayur-sayuran di lahan tidur milik Kompi Kaveleri (KIKAV) dan Pussenkav.

Berkat keuletannya, Martona berhasil panen berbagai macam jenis sayuran di lahan kebun Buruan Sae yang terletak di RT11/RW08 Kecamatan lengkong itu.

‘’Harapannya panen raya ini bisa terus bertahan dan berkembang dari sebelumnya,’’ kata Martona kepada Jabarejkspres.com, Selasa, (11/10)

Awal ide menanam sayuran bersama atasnya yang sama-sama bertugas. Setelah mendapat izin, Martona kemudia mencoba menanam berbagai jenis sayuran. Seperti Tomat, Labuh, Cabai dan yang lainnya.

Martona memanfaatkan lahan di lingkungan Pusenkav yang masih sangat luas. Berkat keuletannya, sayuran yang ia tanam kini telah membuahkan hasil.

‘’Bukan hanya tomat saja tapi yang lainnya juga, karena untuk memulai itu tidak mudah, butuh niat dan kemauan, “ucapnya.

“Kita manfaatkan lahan seadanya untuk menanam, agar waktu luang kita bisa jauh lebih manfaat dan bisa juga meningkatkan kesejahteraan bagi kita sendiri Prajurit TNI,’’ ujarnya.

Dia mengatakan, usahanya menanam sayuran ini sudah dilakukan sejak satu tahun lalu. Idenya untuk menanam sayuran karena harganya sering fluktuatif di pasar.

Sehingga, dengan memiliki kebun sayuran dipekarangan rumah, dapat memenuhi kebutuhan sayuran sendiri.

Dia menyarankan, agar pemerintah Kota Bandung bisa mengevaluasi lahan-lahan tidur untuk di manfaatkan menjadi lahan pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *