Ganjar-Airlangga Kalahkan Duet Anies-AHY Menurut LSI Denny JA

JAKARTA – Pasangan Ganjar-Airlangga mengalahkan duet Anies-AHY berdasarkan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. LSI Denny JA merilis hasil survei terbaru bertajuk ‘Pasangan Capres-Cawapres Paling Populer dan Prospeknya’.

Duet Ganjar-Airlangga meraih angka 24,9 persen berdasarkan survei tersebut. Sementara pasangan Anies Baswedan- Agus Harimurti Yudhoyono (Anies-AHY) hanya meraih angka 13.4 persen. Sedang pemilih yang menyukai pasangan Prabowo-Anies berada di angka 14,8 persen saja.

Untuk simulasi pasangan Ganjar-Airlangga dengan Prabowo-Muhaimin, dan juga Anies-Puan. Hasilnya, Ganjar-Arlangga mendapatkan elektabilitas tertinggi di angka 31.1 persen. Sedangkan Prabowo-Muhaimin di angka 29,6 persen, dan posisi ketiga Anies-Puan di angka 14,1 persen. Yang menyatakan tidak tahu/tidak menjawab/rahasia di angka 25,2 persen.

Sedangkan metode simulasi lainnya, menanyakan pilihan terhadap tiga pasang capres-cawapres dengan komposisinya yaitu Ganjar-Airlangga berhadapan dengan Prabowo-Puan, dan juga Anies – AHY.
Hasilnya pasangan Ganjar-Airlangga meraih elektabilitas di angka 30 persen. Kemudian disusul duet Prabowo-Puan di angka 23,9 persen, dan Anies-AHY di angka 22.8 persen. Sedangkang yang menyatakan tidak tahu/tidak jawab/rahasia berada diangka 23,3 persen.

Survei LSI Denny JA ini dilakukan pada tanggal 11 – 20 September 2022.  Atau sebelum Partai Nasdem mendeklarasikan Anies sebagai Capres 2024. Survei nasional ini menggunakan 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia dan menggunakan wawancara secara tatap muka (face to face interview).

Margin of Error (MoE) survei ini adalah sebesar +/- 2.9 persen. Riset kualitatif dilakukan dengan analis media, Focus Group Discussion (FGD), dan indepth interview.

Sementara partai Nasdem telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden pada pemilihan presiden (pilpres) yang rencananya digelar pada tahun 2024 akan datang. Selanjutnya Anies Baswedan berkunjung dan menemui AHY baru-baru ini.

Deklarasi Anies Baswedan itu diumumkan langsung oleh Ketua Umum DPP Nasdem  Surya Paloh, di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin 3 Oktober 2022 lalu. “Pilihan capres Nasdem adalah yang terbaik daripada yang terbaik. Inilah akhir Nasdem memberikan seorang sosok Anies Baswedan,” ujar Paloh waktu itu. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan