Akibat Hujan Deras, 11 rumah di Cisarua Terkena Longsor

JabarEkspres.com, BOGOR – Akibat tingginya intensitas hujan yang terjadi di wilayah kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, puluhan rumah dan akses jalan tertutup akibat longsor.

Hal ini dibenarkan Camat Cisarua Ivan Pramudya. Ia membenarkan ada bencana longsor dan banjir di wilayah Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

“Iya, betul. Longsor menimpa sebelas rumah dari enam desa. Masih di-assessment kerugiannya, masih didata. Lebih dari sepuluh titik dan hari ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor sudah meluncur untuk bantuan tanggap darurat.” kata Ivan Pramudya kepada Jabar Ekspres, Senin, 10 Oktober 2022.

Longsor tersebut rata-rata merusak bagian kamar tidur dan dapur rumah warga. Terdapat pula longsor yang menutupi akses jalan setapak warga setempat.

Enam desa tersebut diantaranya, Desa Citeko Kampung Pasanggrahan, Desa Jogjogan Kampung Pasir Panjang, Desa Kopo Kampung Cijulang, Kampung Cidokom, Kampung Muara, Desa Batulayang, Desa Cibeureum, Serta Desa Tugu Selatan.

Sampai saat ini bencana alam hanya ada tanah longsor dan banjir. Ivan Pramudya berharap agar tidak ada bencana lainnya.

“Upaya ke depan kita meminta kepada pihak desa khususnya ketika melakukan pembangunan harus memperhatikan saluran drainase dengan anggaran ataupun yang lainnya, sehingga air bisa mengalir sekarang inikan di wilayah kami jika terjadi banjir pasti ada genangan air,” tambahnya

Ivan menambahkan, ada beberapa rumah dan Sekolah Luar Biasa (SLB) serta villa  yang tembok nya roboh serta menutup jalan. Pihak Kecamatan Cisarua bersama DPUPR melakukan pembersihan menggunakan excavator.

“Untuk puing-puing sudah dibersihkan dibantu teman-teman dari DPUPR,” lanjutnya.

Lebih lanjut Ivan menghimbau kepad masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan salah satunya tidak untuk membuang sampah sembarangan dikawatirkan dapat menyebabkan banjir datang.

“Mari kita sama sama jaga lingkungan apalagi sekarang sudah masuk musim penghujan kalo banyak sampah pastinya banjir,” pungkasnya.*** (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan