Sunah Rosul Malam Jumat Sering Trending di Twitter, Awas Jangan Sampai Gagal Paham

Dalam beribadah kita tidak bisa mengarang-ngarang, tapi harus sesuai dengan Al-Quran dan hadits, termasuk contoh dari Rasulullah Saw dan para sahabatnya. Jika tidak, amalan itu ditolak. Islam itu mudah, kita yang suka bikin susah dengan menambah-nambah amalan tertentu.

Islam itu sudah sempurna, sebagaimana ditegaskan dalam firman Allah SWT:

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا

“ … Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agama-mu, dan telah Aku cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agama bagimu …” [QS. Al-Maa’idah: 3].

Menurut Tafsir Ibnu Katsir:
“(Ayat) ini merupakan nikmat Allah Azza wa Jalla terbesar yang diberikan kepada umat ini (umat Islam), tatkala Allah menyempurnakan agama mereka. Sehingga, mereka tidak memerlukan agama lain dan tidak pula Nabi lain selain Nabi mereka, yaitu Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu, Allah Azza wa Jalla menjadikan beliau sebagai penutup para Nabi dan mengutusnya kepada seluruh manusia dan jin. Sehingga, tidak ada yang halal kecuali yang beliau halalkan, tidak ada yang haram kecuali yang diharamkannya, dan tidak ada agama kecuali yang disyari’atkannya. Semua yang dikabarkannya adalah haq, benar, dan tidak ada kebohongan, serta tidak ada pertentangan sama sekali.”

Amalan Sunnah di Malam Jumat
Amalan-amalan yang istimewa pada hari Jumat jika disebutkan cukup banyak jumlahnya. Amalan tersebut dapat dikerjakan pada malam Jumat sebelumnya, karena beribadah di malam hari diyakini lebih utama dan mudah menemukan konsentrasi. Namun, sebagian besar amalan sunnah yang dilakukan pada malam Jumat diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Membaca Shalawat Nabi
Shalawat Nabi adalah salah satu cara kita sebagai umat muslim untuk memuji serta memuliakan Nabi yang telah menerangi jalan kita menuju keutamaan Islam. Membaca shalawat nabi sebanyak-banyaknya pada malam Jumat atau hari Jumat termasuk dalam amalan sunnah yang dianjurkan.

Keutamaan membaca shalawat nabi pada malam Jumat seperti diterangkan Rasulullah SAW adalah kedekatan umat muslim dengan Beliau kelak di surga

2. Membaca Surat Al- Kahfi
Surat Al Kahfi termasuk surat yang memiliki keutamaan tertentu karena dianjurkan untuk dibaca pada setiap Jumat atau malam Jumat. Keutamaan membaca surat Al Kahfi dijelaskan pada beberapa hadist riwayat berikut ini. (baca juga: Tips Menjadi Wanita Shalehah, Etika Bisnis Dalam Islam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan