Buka Perkemahan Pramuka Antar Saka, Sekda: Pramuka Wadah Paling Efektif Bentuk Karakter Pemuda

BOGOR-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin membuka kegiatan perkemahan  pramuka antar satuan karya (Saka) tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Bogor, di Bumi Perkemahan Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis 06 Oktober 2022.

Sebanyak 1.040 orang Pramuka Penegak dan Pandega, anggota satuan karya Pramuka se-Kabupaten Bogor yang terdiri atas Saka Bhayangkara, Saka Bakti Husada, Saka Wira Kartika, Saka Dirgantara, Saka Kalpataru, Saka Wanabakti, Saka Kencana, dan yang lainnya mengikuti perkemahan antar satuan karya tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Bogor.

Burhanudin mengatakan, bahwa gerakan pramuka dinilai mampu dan efektif sebagai wadah pembentukan karakter para pemuda.

“Kegiatan perkemahan antar satuan karya pramuka merupakan ajang untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta minat bakat Pramuka Penegak juga Pandega,” kata Burhanudin kepada media.

Gerakan Pramuka dinilai mampu dan efektif sebagai wadah pembentukan karakter para pemuda karena berbagai aktivitasnya yang mengajarkan nilai-nilai kemandirian, tanggung jawab, kejujuran, disiplin, toleransi, kepedulian, keterampilan dan kreativitas yang dikemas dalam kegiatan menarik, menantang dan menyenangkan.

Selain itu, Kata Burhanudin, tantangan kedepan, tentunya akan jauh lebih kompleks. untuk itu, harus terus dibekali diri dengan berbagai keterampilan agar menjadi pribadi terdidik yang produktif, berdaya saing, proaktif dalam menyikapi tantangan di era 4.0.

Serta harus mampu beradaptasi dengan perubahan dan siap berkontribusi pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Harapan kita, setelah mengikuti kegiatan ini para peserta semakin menguasai bidangnya, lebih kreatif, inovatif untuk peningkatan kapasitas diri dan berperan aktif dalam mendharmabaktikan diri kepada masyarakat dan untuk kemajuan bangsa,”pungkasnya (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan