Talang Irigasi Roboh, Warga Desa Cibedug Ingin Perbaikan

JabarEkspres.com, KAB. BANDUNG BARAT – Talang irigasi di Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat roboh serta rusak berat pada Senin, 3 Oktober 2022.

Kepala Desa Cibedug, Engkus Kustendy membenarkan hal itu. Ia menyebutkan talang irigasi itu roboh sekitar pukul 08.00 WIB.

“Betul, hari ini dan kejadiannya pagi hari,” kata Engkus saat dihubungi.

Engkus menyebut, talang irigasi tersebut adalah satu-satunya sumber mata air yang setiap hari dipakai oleh seluruh warga Desa Cibedug.

“85 persen warga kami memakai air itu, dengan rubuhnya talang itu tentu menghambat segala aktifitas warga,” ucap Engkus.

Warga Desa Cibedug, biasa memanfaatkan air tersebut untuk keperluan mengairi lahan pesawahan, pertanian, kolam ikan warga sampai pemakaian kebutuhan sehari-hari.

“Usianya talang tersebut sudah berusia 103 tahun, dan masyarakat dari sejak dulu menggunakan air itu,” ungkap Engkus.

Engkus menjelaskan, pemerintah desa pada tahun 2020 lalu pernah mengajukan ke Dinas Pekerja Umum dan Tata Ruang (PUTR). Namun hingga saat ini, perbaikan serta bantuan tidak pernah direalisasikan oleh dinas terkait.

Kebutuhan utama warga desa Cibedug saat ini adalah perbaikan talang irigasi tersebut.

“Tidak ada respon sama sekali dari Pemda Bandung Barat. Saya ini sudah sering kena komplain dari warga, ini butuh perhatian dari pemerintah karena ini sangat penting,” jelas Engkus.

Saat ini pihak Pemdes Cibedug tidak memiliki anggaran yang memadai untuk perbaikan talang irigasi tersebut. Oleh karenanya Engkus meminta Pemda Bandung Barat agar segera memberikan solusi efektif.

“Ini kan mereka (Pemda) sempat memberikan janji pada APBD perubahan, tapi sampai saat ini tidak ada kabarnya. Saya hanya meminta Plt Bupati Bandung Barat dan dinas terkait segera merespon keresahan kami dan warga,” tutup Engkus.**(Mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan