Perbanyak Sholawat Nariyah Saat Mendekati Maulid Nabi, ini Alasannya

JABAREKSPRES.COM – Umat muslim sebentar lagi akan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi. Saat seperti itu Muslim dianjurkan untuk perbanyak amalan, salah satunya membaca sholawat nariyah.

Sholawat nariyah merupakan salah satu sholawat yang berisi puji-pujiam mengagungkan Nabi Muhammad SAW.

Oleh karenanya, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan membaca sholawat ini saat Maulid Nabi.

Hari kelahiran Nabi Muhammad SAAW diperingati pada 12 Rabiul awal setiap tahunnya. Pada tahun ini, Maulid Nabi 2022 jatuh pada tanggal 8 Oktober 2022 mendatang, tepatnya pada hari Sabtu.

Selama hari ini, umat Islam dianjurkan mengamalkan berbagai amalan sunnah memperingati kelahiran Rasulullah salah satunya dengan membaca sholawat.

Anjuran untuk membacakan sholawat juga diperintahkan oleh Allah SWT langsung melalui surat Al Ahzab ayat 56 yang artinya sebagai berikut.

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56)

Lantas, seperti apa bacaan sholawat nariyah yang dibaca saat Maulid Nabi? Berikut ulasan lengkapnya.

Sholawat Nariyah dan Artinya

“Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman alaa sayyidinaa muhammadinil lazi tanhallu bihil uqodu watanfariju bihil kurobu watuqdhoo bihil hawaiju watunalu bihir roghoib wahusnul khowatimi wayustasqol ghomaamu biwajhihil karimi waala alihi washohbihi fii kulli lamhatin wanafasin bi’adadi kulli maluu min laka.”

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Keistimewaan Sholawat Nariyah dilansir dari suara.com

Ternyata sholawat nariyah memiliki banyak keistimewaan bagi orang-orang yang mengamalkannya. Berikut ini beberapa keistimewaan yang akan didapat jika seorang Muslim rutin mengamalkannya.

1. Mendatangkan pahala dan keberkahan dari Allah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan