Manfaatkan Bambu, Pemuda di Bogor Buat Lukisan

BOGOR- Pemuda asal kampung Gembrong, Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombon, Kabupaten Bogor Aban Sudradjat (26) tahun meluangkan ide kreatif nya dengan memanfaatkan bambu menjadi sebuah karya lukis yang bernilai.

Segala Tina Awi (STA) bengkel milik Aban Sudradjat sudah berdiri 2014 silam yang berfokus untuk membuat kerajinan tangan berbahan dasar bambu diantarany, Lukisan bambu, Gelas, tembler, pulpennya dan alat musi tradisional seperti, suling, kecapi tarawangsa, karinding dan lainnya.

“Saya awalnya memang hobi membuat keajinan tangan dan bambu saya pilih karena bambu ramah lingkungan serta mudah di dapat,”ujar Aban Sudradjat kepada JabarEkspres.com, Minggu 02 Oktober 2022.

Lukisan produk dari STA ini dibuat dengan mengunakan jenis bambu ulung yang olah dengan pisau raut. Saat ini sudah ratusan produk lukisan bambu sudah dibuat.

” Untuk total produk dari 2014 sudah ribuan yang saya buat, kalo lukisan baru ratusan,” tambanya.

STA membuat lukisan tokoh-tokoh baik pejuang Indonesia seperti presiden RI pertama Soekarno serta tokoh budayawan dan masyarakat.

Harga dari lukisan sendiri dijual dengan harga dari mulai Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu tergantung jenis serta ukurannya dan dipasarkan di seluruh wilayah Indonesia.

Membuat kerajinan tangan lukisan dari bambu ini memakan waktu satu hari sampai seminggu tergantung tingkat kesulitannya, alat- alat yang digunakan dalam membuat lukisan yakni, pisau raut, pahat kecil dan hampelas.

” Kalo lukisan siapa saja bisa buat, tingal kirimkan fotonya saja, nanti kami buat disini dengan bahan bambu,”tambahnya.

Selain itu, STA juga memasarkan produk nya melalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan whataps, atau bisa langsung datang ketempat pembuatan.

Segala Tina Awi ini sudah beberapa kali mengikuti pameran UMKM baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pemerintah Pusat dan sudah merah penghargaan.

“Alhamdulillah beberapa penghargaan sudah didapat seperti umkm juara dari jabar dan menjadi prodak unggulan kabupaten Bogor,”pungkasnya (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan