Airlangga Hartarto Minta Usut Tuntas Tragedi Kerusuhan Sporter di Stadion Kanjuruhan Malang

JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku sangat prihatin dengan tragedi kerusuhan sporter sepakbola di Stadion Kanjuruhan Malang.

Peristiwa memilukan pada Laga Liga 1 tersebut merupakan catatan terburuk pada sejarah sepakbola nasional.

Berdasarkan informasi jumlah korban meninggal mencapai 127 orang usai terjadi kerusuhan sporter ketika pertandingan klub Sepakbola Arema Malang lawan Persebaya.

Atas kejadiaan itu, atas nama Ketua Umum Partai Golkar dan pribadi, menyampaikan duka yang sangat mendalam kepada para sporter yang menjadiu korban.

“Saya sampaikan duka mendalam untuk seluruh insan sepakbola nasional, dan masyarakat Indonesia atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan,’’ kata Airlangga Hartartro dalam keterangannya, Minggu, (2/9).

Menurutnya, pertandingan sepakbola merupakan hiburan semata untuk dinikmati bagi para penggemarnya.

Sebuah pertandingan tentunya akan ada yang kalah dan menang. Dan itu adalah biasa dalam setiap permainan.

Akan tetapi, jika menjadi sebuah tragedi yang sampai menimbulkan korban jiwa maka ada yang salah dalam perencanaannya.

Untuk itu, atas nama Ketua Umum Parta Golkar, Airlangga Hartarto meminta seluruh pihak berwajib mengusut tuntas tragedi itu. Peristiwa ini merupakan duka mendalam untuk insan sepakbola nasional dan dunia.

‘’Terlebih pada prosedur keamanan dan keselamatan penonton sepakbola di stadion,’’ ucap dia.

Airlangga juga meminta seluruh pihak dalam pelaksanaan pertandingan bertanggungjawab penuh sehingga menimbulkan kerusuhan itu.

Atas kejadia itu tidak perlu ada yang saling menyalahkan, namun lebih kepada sikap ksatria untuk mnerima kesalahan dan bertanggungjawab.

‘’Ini untuk jadi pelajaran agar tragedi seperti ini tidak terjadi lagi ke depannya di sepakbola nasional kita,” tegas Airlangga.

Airlangga Hartarto juga menghimbau kepada seluruh sporter sepak bola agar bersatu dan bergandengan tangan untuk meajukan sepakbola nasional.

‘’Hindari permusuhan dan kebencian antar sporter, jadilah sporter sepakbola yang berjiwabesar untuk menerima kekalahan,’’kata dia.

Airlangga  memerintahkan kepada seluruh kader Partai Golkar yang ada di Malang Jawa Timur untuk bergerak membantu korban kerusuhan.

“Saya minta agar kader golkar turun segera, bantu apa yang bisa dibantu, yang penting tunjukkan kepedulian sebagai sesama manusia, karena kejadian di Stadion Kanjuruhan adalah tragedi sepakbola yang menjadi isu dunia,” seru Airlangga Hartarto.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan