Link Nonton Film Jagal, Kisah Lain Dibalik Tragedi G30S PKI

Jabarekspres.com – Menjelang 30 September 2022 ada satu peristiwa yang pasti diingat oleh masyarakat Indonesia yaitu tragedi G30S PKI dan film Jagal merupakan kisah lain dibalik peristiwa itu.

Jika Anda ingin mengetahui dan menonton tragedy G30S PKI dari sudut pandang yang berbeda, Jagal adalah film yang tepat.

Film ini besutan sutradara asing, menceritakan mengenai sisi dari pelaku pembantaian yang terduga PKI dan dilakukan oleh masyarakat kelas bawah.

Kekejaman dari PKI mengenai tindakan mereka terhadap petinggi militer Indonesia berupa penculikan dan pembunuhan sudah banyak dikisahkan.

Baik dalam buku sejarah sekolah maupun narasi film yang salah satunya berjudul Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI, ditulis oleh Nugroho Notosusanto.

Kisah mengenai bagaimana kebiadaban partai yang dipimpin DN Aidit dalam upaya kudeta di Pemerintahan Orde Lama.

Namun dalam film Jagal yang diciptakan Joshua Oppenheimer ini berpusat pada pengisahan sosok pelaku pembunuhan orang-orang yang dituduh PKI.

Lebih lengkap, film Jagal atau The Act of Killing mengisahkan ketika PKI dituduh oleh TNI selaku dalang dibalik peristiwa G30S dan tokoh bernama Anwar Congo serta kawan-kawannya menjadi sorotan.

Anwar yang hanya pekerja bioskop atau pencatut tiket diberi tugas mulia dengan menjadi pemimpin pasukan massal untuk membunuh para terduga PKI kala itu.

Hal tersebut ialah tindakan mulia karena ia dan kawan-kawannya ikut serta membantu tugas tentara dalam menumpas para pemberontak.

Tak hanya terduga PKI saja, etnis Tionghoa dan tokoh intelektual pun menjadi target dari Anwar yang menjadikan dirinya orang yang ditakuti di Medan.

Dirinya mengaku jika tangannya yang bersimbah darah itu sudah menghilangkan ratusan nyawa sebagai bentuk penumpasan oknum PKI di Indonesia.

Ia juga lah salah satu cikal bakal dari berdirinya organisasi Pemuda Pancasila yang kini masih eksis.

Bagi Anda yang tertarik menyaksikan film Jagal ini dalam nuansa G30S PKI sekarang, bisa dengan mengunjungi link:

KLIK DISINI

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan