Buktikan Sinergitas Sosial yang Solid, Karang Taruna Desa Mangunarga Gelar Baksos bersama Anak Yatim

JABAREKSPRES.COM – Sebagai lembaga kemasyarakatan desa, Karang Taruna Desa Mangunarga berhasil membangun sinergitas sosial yang solid. Terbukti dengan gelaran baksos bersama anak yatim yang diinisiasinya, bisa merangkul berbagai elemen masyarakat untuk terlibat bersama.

Acara yang diberi tajuk ’62 Tahun Bhakti Karang Taruna Desa Mangunarga Cimanggung Sumedang & 2 Tahun Milad Gedur Sadulur’ ini, dilaksanakan di Gor Mangunarga Jaya desa Mangunarga kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, pada Senin (26/9) kemarin.

Dengan mengajak 80 anak yatim untuk bersuka ria menikmati pementasan atraksi badut dari Badut Necis Cimahi, Karang Taruna Mangunarga juga menggandeng beberapa komunitas untuk terlibat dan menunjukkan sinergitas sosial bersama. Diantaranya Komunitas Asih Bumi Insani, Gerbang Sedekah Cendikia Cicalengka, Sahabat Kita, PKK Kecamatan Cimanggung, PKK Desa Mangunarga PT. Garuda food Rancaekek dan CV Rizki putera idola.

“Kegiatan Santunan anak yatim adalah sebuah cara mengembalikan Karang Taruna kepada marwahnya sebagai potensi dan sumber kesejahteraan sosial. Yang selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah Desa sebagai LKD dalam hal pengentasan masalah sosial dan kepemudaan” kata Ketua Karang Taruna Mangunarga Budi Permana disela-sela acara.

Camat Cimanggung Dikdik Syeh Rizki yang berkesempatan hadir dalam kegiatan tersebut menyebut, Karang Taruna harus bersinergi dengan pemerintah. Menjadi mitra dan ujung tombak Pemerintah dalam menangani masalah sosial diwilayahnya, selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemerintah.

“Karang Taruna Desa Mangunarga adalah Teladan bagi Karang Taruna desa lainnya, sehingga perlahan tapi pasti semua permasalahan Sosial diwilayah Kecamatan Cimanggung dapat teratasi,” ujar Dikdik.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Mangunarga H Pepen mengaku bersyukur dengan keberadaan Karang Taruna Desa Mangunarga. Hal ini karena karang taruna sangat membantu pemerintah desa dalam pengentasan masalah Sosial.

“Ketika pendemi Covid 19, karang taruna menjadi Relawan pemulasaraan jenazah, penyediaan oksigen gratis, penyalur bantuan bagi yg sedang Isoman. Menyantuni Jompo rutin tiap bulan. Bukan hanya untuk masyarakat Mangunarga saja tapi juga beberapa tetangga desa bahkan lintas kecamatan dan kabupaten.” Ujar H Pepen.

H Pepen menambahkan, Karang Taruna Desa Mangunarga juga aktif dikebencanaan, dia bahkan merasa bangga karena yg melepaskan keberangkatannya ke bencana Erupsi Gunung Semeru, ke Banjir Bandang Garut dan Sukabumi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan