Partai Golkar Jadi Terpopuler Oleh Kalangan Pemilih Muda

JAKARTA – Partai Golkar menjadi partai yang terpopuler dan banyak dipilih oleh kalangan pemilih muda. Hal ini berdasarkan hasil survey Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

Survei yang dilaksanakan 8 sampai 13 Agustus 2022 itu, memperoleh hasil memuaskan dengan nilai 94 persen.

Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes mengatakan untuk responden sendiri menyasar kaum muda dengan usia 17-39 tahun.

‘’ Jumlah responden sendiri sebnayak 1.200 responden dengan asumsi pemilih muda akan menggunakan hak pilihnya,’’ kata Arya dalam keterangannya, Senin, (26/9).

Dia mengatakan, menurut hasil survey Partai Golkar ternyata sudah banyak dikenal oleh kalangan generasi muda.

Selain itu, untuk partai lain seperti Gerindra, PDIP dan Demokrat juga sudah banyak dikenal oleh kalangan generasi muda. Sehingga terpaut tipis dengan Partai Golkar.

‘’Golkar, PDIP, Gerindra, kemudian Demokrat tipis-tipis tapi sudah lewat di atas angka 90 persen. Baru kemudian NasDem, Perindo,” tutur Arya.

Hasil Survei CSIS menunjukan Partai Golkar mengguli PDIP dengan perolehan 93,5 persen. Sedangkan Partai pimpinan Prabowo Subianto terpaut tipis dengan perolehan 92,7 persen.

‘’Yang cukup mengejutkan adalah elektabilitas Partai Demokrat yang mencapai 91,6 persen,’’ ujarnya.

Kalangan muda juga sangat mengenal dan menyukai Partai Golkar yang dipimpin Airlangga Hartartato itu.

Untuk tingkat kesukaan pemilih muda terhadap Partai berlambang pohon beringin itu adalah sebesar 75,9 persen.

‘’Angka ini menjadi tertinggi jika dibandingakan dengan PDIP yang hanya sekitar 68,2 persen,’’ cetusnya.

Arya menuturkan, untuk Survei CSIS ini menggunakan metode penarikan sampel multistage random sampling dengan margin of error sekitar +/-2,84 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Menanggapi hasil survey CSIS ini, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Kominfo Nurul Arifin mengaku, perlahan tapi pasti elektabilitas dan tingkat kesukaan kalangan muda terhadap Partai Golkar menunjukan hasil positif.

Mantan Aktris ini mengatakan, Ditengah persaingan Partai Politik untuk berebut simpati, Pihanya akan selalu konsisten berada di tengah-tengah masyarakat.

“Saya pribadi mengepreasi hasil survei ini. Ternyata Golkar sebagai partai tertua di Tanah Air, hingga kini masih relate dengan anak muda atau pemilih muda,” kata Nurul Arifin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan