TINGGALKAN BEKAS…!!! Ingin Dikenang Seperti Apa Kelak Kita Setelah Pergi Dari Dunia Ini ..???

Oleh: Dadan Sundayana

Kisah segenggam pasir yang terlupakan

Seorang ayah ingin mengajarkan anaknya tentang makna hidup. Diajaklah anaknya ke sebuah taman yang di dalamnya ada danau.

Setelah mereka sampai di depan danau, tanpa berkata2 si ayah mengambil segenggam pasir, kemudian menepuk pundak anaknya dan berkata,

“Nak, lihatlah!”

Lalu sang ayah melemparkan pasir di tangannya ke danau itu kemudian bertanya kepada anaknya,

“Nak, jika ada orang lain yg datang ke tempat ini, dan kita sudah meninggalkan tempat ini, apakah mereka akan tahu kalau kita sudah melemparkan segenggam pasir tadi ke danau ini Nak?”

Lalu dengan mantap si anak menjawab,

“Tidak ayah, mereka tak akan tahu”.

“Mengapa mereka tdk akan tahu nak bhw kita sdh lemparkan pasir td k danau ini?”. Timpal sang ayah.

Kemudian sang anak menjawab, “Karena kita tidak meninggalkan bekas, ayah”.

Dengan lembut sang ayah mengusap rambut anaknya lalu berkata,

“Itulah nak, jikalau hidupmu tak pernah berbuat baik bagi yg lain, jikalau kau tak pernah memberi yg terbaik bagi yg lain, jika kau tak pernah bermanfaat bagi yg lain, jika kau tak pernah berkarya dan berprestasi, maka ketika nanti kau mati, namamu akan terkubur bersama jasadmu, namamu akan mati bersama matinya badanmu, tak ada orang yg akan menyebut namamu, tak akan ada siapapun yg melantunkan doa utkmu di setiap sujud dan munajat mereka. Maka, jika namamu ingin masih hidup walaupun jasadmu telah mati, bermanfaatlah bagi yg lain, kemudian berkaryalah, agar orang yg datang setelah kau mati, masih bisa mengenal siapa dirimu.”

Sahabat jika ingin hidup kita berarti maka TINGGALKAN BEKAS!!!

Teguhkan kuatkan selalu Iman didalam hati ini luruskan senantiasa niat pelihara dan jaga ghiroh atau semangat yang melandasi setiap Gerak langkah Amal kita.

Dari hari ke hari agar selalu terjaga dari langkah yang sesat dalam menjalani hidup ini, hingga nanti keadaan akhir hidup yang baik.

Akhir yang akan kita dapatkan pada saat ajal datang menjemput dan terjamin diri ini bebas dan dijauhkan dari siksa api neraka dan jangan lupa selama penantian ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan