Link Tes Buta Warna Ada di Sini GRATIS, Cek Kondisi Matamu Sekarang!

Jabarekspres – Link tes buta warna bisa kamu coba di artikel ini, caranya sangat mudah sekali kamu hanya tinggal klik link yang ada di akhir artikel.

Namun, sebelum memulai tesnya, apakah kamu sudah mengetahui apa itu tes buta warna? Mari kita simak seputar tes buta warna terlebih dahulu.

Melansir dari Hallosehat.com,  penderita buta warna tidak semua hanya melihat warna hitam dan putih, atau yang disebut buta warna total.

Berdasarkan fakta yang ditemukan,  kasus buta warna kebanyakan adalah buta warna parsial. Sehingga, untuk memastikannya kamu perlu mengetahuinya dengan cara mengecek atau mengikuti tes buta warna.

Buta warna terjadi karena adanya penurunan fungsi atau hilangnya sel-sel kerucut pada retina. Kerusakan pada sel kerucut di retina ini menyebabkan mata tidak dapat mendeteksi warna-warna dengan baik.

Secara umum, buta warna bisa disebabkan karena penyakit keturunan. Akan tetapi, penyebab lainnya yang dapat mengganggu penglihatan ini salah satunya juga karena paparan zat kimia berbahaya. Sehingga dapat mempengaruhi fungsi mata kita.

Kebanyakan orang belum menyadari jika dirinya mengalami buta warna, hal ini karena adanya rasa terbiasa yang menganggap warna tertentu sama dengan yang dilihat oleh matanya.

Padahal sebenarnya beberapa bidang studi di perkuliahan maupun pekerjaan di perusahaan menuntut seseorang untk bisa secara penuh melihat warna dengan jelas.

Berikut 4 macam jenis tes buta warna:

  1. Tes Ishihara: tes Ishihara ini memiliki 24 halaman, yang di dalamnya terdapat gambar berupa titik-titik warna yang membentuk pola angka. Cara  tes ini yaitu dengan membaca angka-angka yang tersusun dari titik-titik berwarna tersebut.
  2. Hardy – Rand – Rittler (HRR): cara tes ini yaitu Anda akan diminta untuk melihat beberapa bentuk gambar, seperti lingkaran atau segitiga.
  3. Tes hue: tes buta warna hue ini yaitu dengan cara mengurutkan warna-warna sehingga membentuk suatu gradasi.
  4. Tes dengan anomaloskopi: pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang berbentuk seperti mikroskop, yaitu anomaloskop

Inilah link tes buta warna yang dapat kamu coba lakukan, KLIK DISINI.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan