Manajemen Shopee Ungkap Penyebab Lakukan PHK Massal

JAKARTA – Manajemen Shopee Indonesia mengonfirmasi keputusan perusahaan yang terpaksa melakukan efisiensi dengan menjalankan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawan.

Menurut keterangan dari Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira mengatakan, Shopee Indonesia dengan berat hati melepas sejumlah karyawannya. Manajemen sebelumnya sudah melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis, namun langkah PHK tak bisa dihindari lagi.

“Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan sebuah keputusan yang sangat sulit,” kata Radynal, dikutip dari laman Liputan6.com, Selasa, 20 September 2022.

Tanpa menyebutkan jumlah pegawai yang terkena PHK, Radynal menjelaskan, langkah efisiensi sejalan dengan fokus perusahaan secara global untuk mencapai kemandirian dan keberlanjutan.

Keduanya dianggap sebagai komponen penting dalam menjalankan bisnis di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini.

“Perusahaan akan berfokus ke pertumbuhan bisnis yang mandiri serta berkelanjutan, dan kami ingin memperkuat dan memastikan operasional perusahaan kami stabil di situasi ekonomi saat ini,” kata dia.

Shopee juga memastikan setiap karyawan yang terdampak PHK akan mendapatkan pesangon serta tambahan satu bulan gaji.

” Proses ini akan dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah. Karyawan terdampak akan mendapatkan pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan, dengan tambahan satu bulan gaji,” kata Radynal.

Selain itu, karyawan terdampak juga masih bisa menggunakan fasilitas asuransi kesehatan hingga akhir tahun dengan seluruh manfaatnya.

Radynal juga memastikan langkah PHK karyawan tidak mempengaruhi operasi bisnis dan layanan Shopee terhadap seluruh penjual, pembeli, dan mitra Shopee di Indonesia. Shopee tetap akan melayani jutaan pembeli dan penjual termasuk di antaranya UMKM dan pengusaha lokal di 514 kota dan kabupaten se-Indonesia.

Kehadiran Shopee di Indonesia disebut telah memberikan peluang bagi banyak pelaku usaha untuk bertumbuh. Radynal memaparkan, pencapaian Shopee selama ini tidak lepas dari kerja keras dari komitmen tim Shopee.

” Kami ucapkan terima kasih atas kontribusi Shopee Team sejauh ini,” tutur Radynal.

Saat ini, perusahaan mengaku akan tetap berkomitmen terus menjalankan program bagi UMKM, salah satunya mulai 9 Kampus UMKM Shopee yang ada saat ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan