Warga Cibinong Buat Mesin Simulator Pembakar Sampah Plastik, Pemerintah Harus Dukung

Editor: Reporter: Yudha Prananda

BOGOR – Untuk mengatasi permasalahan sampah plastik yang sulit terurai, seorang warga di Kelurahan Cirimekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor bernama Ujang Supriatna membuat mesin simulator pembakar sampah plastik yang ramah lingkungan.

Mesin simulator pembakar sampah yang dibuat Ujang ini diklaim bisa mengatasi dan mengurangi sampah non organik seperti plastik, dengan cara mengubah sampah menjadi asap cair dan abu.

“Saya mencoba seperti ini, pada intinya bagaimana sampah ini musnah, menjadi abu total, dan tidak membuat polusi,” kata Ujang kepada kepada Jabar Ekpres, Kamis, 22 September 2022.

Mesin simulator pembakar sampah ini diciptakan Ujang pada tahun 2019 silam, berawal saat ia melihat tumpukan sampah yang menyerupai gunung di Tempat Pembungan Akhir Sampah (TPAS). Dari situlah Ujang akhirnya berfikir untuk melakukan inovasi guna mengatasi sampah plastik.

“Saya coba berpikir dengan alat seadanya, dengan kemampuan seadanya saya mencoba apakah sampah plastik itu betul-betul tidak bisa diatasi, dan apa betul tidak bisa dimusnahkan. Itu lah yang menjadi sebuah tantangan bagi saya,” kata Ujang.

Mesin Simulator Pembakar Sampah Plastik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.