Bacaan Doa Khusus di Hari Kamis, Agar Dijauhkan dari Kesulitan

JABAREKSPRES.COM –  Hari kamis merupakan hari yang baik. Hari kamis memiliki keistimewaan, karena dipilih menjadi salah satu hari untuk berpuasa sunah.  Berikut bacaan doa khusus dihari Kamis untuk memulai hal baik dan dijauhkan dari kesulitan.

Untuk berdoa secara umum, tidak harus menunggu hari kamis,  karena berdoa dan dzikir dianjurkan kepada Umat Islam untuk dilakukan setiap harinya.

Apalagi di hari-hari yang memiliki keutamaan seperti di hari Kamis ini. Karena hari kamis merupakan waktunya dibukanya pintu surga pada hari Senin dan Kamis dan Allah SWT mengampuni dosa orang-orang Mukmin.

Doa ini sebagaimana dijelaskan dalam hadist, Rasulullah SAW ber doa untuk ummatnya di pagi hari.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Allahumma baarik ummati fi bukurihaa

Artinya: “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud)

Dilansir dari tribunnews, salah satu hadits yang menegaskan bahwa amalan manusia dilaporkan pada hari Kamis adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Zaid, sebagai orang:

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ: أَىُّ يَوْمَيْنِ قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ: ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

 

Artinya: “Aku berkata pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai).

Agar hari Kamis Anda tetap manis; penuh dengan keberkahan, Allah mengampuni dosa-dosa Anda, serta engkau dijadikan Allah sebagai orang-orang yang bertakwa, bacalah doa yang pernah dibaca oleh Sayyidah Fathimah di bawah ini.

Berikut doa hari Kamis yang dipanjatkan oleh Sayyidah Fatimah Az-Zahra, putri Rasulullah SAW:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالْتُقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى وَالعَمَلَ بِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ قُوَّتِكَ لِضَعْفِنَا وَمِنْ غِنَاكَ لِفَقْرِنَا وَفَاقَتِنَا وَمِنْ حِلْمِكَ وَعِلْمِكَ لِجَهْلِنَا. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَأعِنَّا عَلَى شُكْرِكَ وَذِكْرِكَ وَطَاعَتِكَ وَعِبَادَتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Allahuma innii’ as aluka hudaa wattuqaa wal’afaafa wa ghinaa wal’amala bima tuhibbu wathardaa, allahumma innii.as aluka mon quwwatika lidha’finaa, wamin hilmika wa’ilmika li jahlinaa, allahumma shalli’alaa muhammadin wa’aali muhamadin, wa’ainnaa ‘alaa syukrika wa dzikrika, wa thaa’atika wa’ibaadatika, birahmatima yaa arhamar raahimiin

Tinggalkan Balasan