Agus Gumiwang: Melalui IMT-GT, Tiga Negara Sepakat Dorong Pembangunan Ekonomi Kawasan

Editor:

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengutus Menteri Perindustrian Agus Gumiwan Kartasasmita untuk membicarakan mengenai kelanjutan kerjasama tiga negara di kawasan ASEAN.

Indonesia, Thailand dan Malaysia sepakat untuk menjalin kerjasama lanjutan Indonesia, Malaysia dan Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Pertemuan yang dihadiri tingkat menteri itu, mendiskusikan tentang kemajuan implementasi program Kerja Sama Sub-Kawasan IMT-GT.

‘’Ini juga untuk menentukan arah kerja sama ke depan untuk mendukung pertumbuhan dan pembangunan ekonomi daerah,’’ ujar Agus Gumiwang dalam keterangannya, Senin, (19/9).

Menurutnya, Program IMT-GT menitikberatkan pada pengembangan pariwisata dan perdagangan. Tujuannya untuk mendorong peningkatan Investasi dan membuka kembali lapoangan pekerjaan.

Ketiga negara telah sepakat untuk membangun proyek-proyek dan membuka konektivitas antar wilayah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi

‘’Proyek-proyek ini meliputi jalan, pelabuhan, bandara maupun Information and Communication Technology (ICT),’’ ujarnya.

Selain itu, untuk membuka hubungan antar wilayah, ketiga negara juga menyetujui untuk melakukan pendekatan ekonomi.

Saat ini,  sudah ada lima koridor ekonomi yanbg menghubungkan antar tiga daerah di ketiuga negara. Bahkan sudah diusulkan agar menambah satu koridor baru melalui pembangunan pelabuhan laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.