Airlangga Hartarto: Budaya dan Kearifan Lokal Miliki Potensi Tingkatkan Ekonomi

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Bangsa Indonesia kaya akan budaya. Kearifan lokal ini harus dijadikan potensi ekonomi untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan.

Budaya yang ada di setip daerah di Indonesia merupakan jati diri bangsa. Untuk itu harus ditunjukan kepada dunia Internasional melalui berbagai capaian ekonomi.

‘’Jadi pemerintah akan terus mendorong berbagai aktivitas kebudayaan dan adat istiadat yang mampu tingkatkan aktivitas ekonomi masyarakat,’’ ujar Menko Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Sabtu, (17/9).

Untuk mendorong pariwisata di Indonesia, sektor budaya merupakan instrumen penting yang memiliki daya tarik untuk ditawarkan.

Melalui Presidensi G20, Menko Airlangga menginginkan agar kebudayaan Indonesia menjadi pertunjukan bagi para delegasi dari negara-negara peserta.

Untuk, pelaksanaan Working Grop yang merupakan bagian dari forum G20, Kota Surakarta akan menjadi tuang rumah nanti.

Dengan begitu, harapannya kunjungan wisatawan ke Kota Surakarta ini akan mengalami peningkatan. Khususnya untuk mengenalkan keberadaan kraton Mangkunegara.

Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia harus menunjukkan eksistensi dalam kancah global yang memiliki kultur budaya.

Pada Presidensi G20 nanti, Indonesia memiliki peran penting untuk merumuskan berbagai permasalahan global secara konkret.

‘’Indonesia mendapat tanggungjawab untuk memecahkan masalah terkait arsitektur kesehatan global, transisi energi, dan digitalisasi,’’ ungkap Menko Airlangga.

Indonesia juga mendapat kepercayaan besar yang diberikan oleh PBB untuk merumuskan solusi dari terjadinya krisis keuangan terhadap negara-negara lain.

penting Indonesia juga kian diperkuat dengan kepercayaan yang diberikan oleh PBB untuk terlibat dalam memitigasi dan merumuskan solusi atas krisis keuangan dunia dalam Global Crisis Response Group (GCRG)

Bersama dengan Bangladesh, Barbados, Denmark, Jerman, dan Senegal, Indonesia akan melakukan mitigasi krisis keuangan negara-negara berpenghasilan rendah dan membuat solusi untuk mengatasi masalah keuangan.

Dari hasi capaian tersebut, Indonesia juga telah diakui lembaga-lembaga dunia. Untuk itu, pemerintah perlu melakukan sinergi untuk penguatan antar pemerintah daerah, Perguruan tinggi, dan Stakeholder lainnya.

Airlangga Hartarto mengatakan, kelibatan Pemerintah Daerah mencatat sebuah keberhasila yang signifikan dengan keberhasilan Kota Surakarta yang berhasil mengalami deflasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan