Analisis Penelusuran Identitas Hacker Bjorka, Benarkah Orang Indonesia dengan Nama Skandinavia

JABAREKSPRES.COM – Hebohnya Hacker Bjorka beberapa hari terakhir membuat banyak kalangan ikut penasaran dengan identitas aslinya.

Hal tersebut yang mendorong warganet menganalisis dan menelusuri siapa sebenarnya Hacker Bjorka, Mengapa dia begitu banyak tahu mengenai Indonesia, sampai ke kasus pembunuhan aktivis yang terjadi belasan tahun lalu?

Karena minimnya informasi terkait sang hacker, warganet lalu melakukan penelusuran berdasarkan akun twitter yang dimilikinya, yakni @bjorkanism.

Penelusuran pertama dilakukan dengan menganalis namanya, yakni Bjorka. Nama tersebut diduga berasal dari negara Skandinavia. Dimana nama Bjorka sangat lazim digunakan oleh seorang perempuan. Bjorka Sendiri dalam bahasa Skandinavia berarti pohon Birch.

Namun, Hacker Bjorka seringkali diidentikan dengan seorang laki-laki. Dia juga mengindikasikan bahwa memiliki teman di Warsawa, Polandia.

Dalam salah satu cuitannya sebelum akun Twitternya terkena suspend atau ditangguhkan, Bjorka mengaku memiliki seorang teman yang berasal dari Indonesia di Warsawa, Polandia.

Dia mengaku, temannya tersebut sering menceritakan mengenai Indonesia dan kekacauan di dalam negeri. Karena itu, curhat sang teman memotivasi dirinya melakukan peretasan.

“Aku punya teman baik Indonesia di Warsawa, dan dia bilang betapa kacaunya Indonesia, dan aku melakukan ini untuknya,” cuitnya sebelum akunnya dinonaktifkan.

Kendati demikian, informasi Bjorka yang mengindikasikan dia berasal dari mana tersebut diragukan. Terutama ketika menyebut memiliki teman dari Indonesia di Warsawa.

Banyak yang meyakini bahwa Bjorka adalah seorang hacker yang berasal dari Indonesia, alias di dalam negeri. Hal itu didasari dari pemahamannya yang mendalaman terhadap isu-isu di Indonesia, termasuk yang sudah sangat lampau.

Meski identik dengan Skandinavia, namun penggunaan nama Bjork sebenarnya sudah banyak dipakai termasuk di Indonesia. Ringgo Agus Rahman bahkan menggunakan nama tersebut untuk anaknya.

Di cakupan lebih luas, juga digunakan oleh beberapa sosok lain seperti penyanyi asal Islandia Björk Guðmundsdóttir dan Hera Björk órhallsdóttir, kemudian artis Swedia Anita Björk, hingga musisi Amerika Brant Bjork.

Seperti diketahui, Hacker Bjorka terus jadi sorotan usai diduga bocorkan dalang pembunuhan Munir. Kini hacker Bjorka terus menunjukan eksistensinya setelah diduga sebarkan data pribadi Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Tinggalkan Balasan