Riwayat Kesehatan Ratu Elizabeth II, Sempat Kritis Sebelum Hembuskan Nafas Terakhir

JABAREKSPRES.COM – Sebelum diumumkan meninggal dunia, Ratu Elizabeth sempat dikabarkan menjalani sejumlah prosedur kesehatan. Riwayat kesehatan Ratu Elizabeth memburuk di beberapa hari terakhir. Bahkan Kamis (8/9) malam Dokter kerajaan menyatakan ibunya Charles III itu kritis.

Dokter spesialis kerajaan dan seluruh keluarga kerajaan Inggris telah berkumpul pada kamis malam itu. Hal itu membuktikan, dokter telah memprediksi adanya kemungkinan kondisi terburuk pada sang ratu.

Mertua Camilla itu dikabarkan sudah menderita gangguan mobilitas episodik sejak akhir tahun lalu.

“Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi ini, para dokter Ratu prihatin dengan kesehatan Yang Mulia dan merekomendasikan agar belia tetap di bawah pengawasan medis,” kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan resmi.

Mendengar kabar itu, putra sulung sekaligus pewaris takhta Pangeran Charles dan istrinya Camilla, dilaporkan telah berangkat ke Kastil Balmoral di Skotlandia, tempat di mana Ratu Elizabeth kini berada.

“Ratu tetap nyaman dan berada di Balmoral,” jelas pernyataan resmi tersebut .

Seperti diketahui, Pangeran Charles adalah pewaris takhta Inggris setelah Ratu Elizabeth. Pangeran William juga disebut tengah berada di Balmoral.

Oktober lalu, Elizabeth dirawat di rumah sakit dan dipaksa untuk mengurangi kegiatan publiknya sejak saat itu.

Pada Rabu 7 September 2022, dia membatalkan pertemuan virtual dengan para menteri senior setelah disarankan untuk beristirahat oleh dokternya.

Sehari sebelumnya, Ratu Elizabeth menunjuk Liz Truss sebagai perdana menteri baru negara itu di Balmoral.

Elizabeth telah menjadi Ratu Inggris dan lebih dari selusin negara lain sejak 1952, dan awal tahun ini dia merayakan tahun ke-70 bertakhta.

Truss mengatakan seluruh negeri akan sangat prihatin dengan kabar kesehatan Elizabeth.

“Pikiran saya dan pikiran orang-orang di seluruh Inggris Raya bersama Yang Mulia Ratu dan keluarganya saat ini,” kata Truss.

Ratu Inggris Elizabeth harus selalu dalam pengawasan medis, demikian seperti dikutip Disway.id dari Reuters.

Ratu Elizabeth, kini sudah berusia 96 tahun, adalah penguasa Inggris terlama dalam sejarah negara itu. Ratu Elizabeth juga merupakan pemimpin monarki tertua di dunia.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan