Charles Jadi Raja Inggris Paska Meninggalnya Ratu Elizabeth II

JABAREKSPRES.COM – Berita meninggalnya Ratu Elizabeth II mengejutkan dunia, meski sebelumnya sudah tersiar kabar tentang sakitnya mendiang sang ratu. Setelah kepergiannya, maka tahta kerajaan Inggris akan turun ke tangan Putra Mahkota yakni Charles. Kini Charles akan bergelar sebagai Raja Inggris.

Setelah berkuasa selama kurang lebih 70 tahun, Ratu Elizabeth akhirnya mangkat, dan kekuasaa Pemerintahan Inggris akan jatuh pada putra sulungnya Mantan Prince of Wales, Charles III.

Dikutip dari BBC, Jumat, 9 September 2022, Charles sebenarnya boleh memilih nama resmi dari 4 suku kata namanya, yakni Charles Philip Arthur George.

Hingga pada akhirnya, nama yang terpilih adalah Raja Charles III.

Pada saat Ratu Elizabeth II meninggal, takhta langsung diserahkan tanpa upacara.

Meski demikian, nantinya akan ada beberapa tahapan tradisi yang harus ia lalui untuk dinobatkan menjadi raja.

Lebih lanjut, melalui akun media sosial resminya, keluarga Kerajaan Inggris sudah langsung merujuk Charles sebagai Raja.

Sementara itu, istri Charles yaitu Camilla Parker Bowles yang sebelumnya memegang gelar Duchess of Cornwall, sekarang akan dikenal sebagai Permaisuri, atau Queen Consort.

“Raja dan permaisuri akan tetap berada di Balmoral malam ini dan kembali ke London besok,” demikian keterangan keluarga Kerajaan Inggris merujuk Charles dan Camilla.

Mengutip dari Time.com, Camilla akan mengambil gelar Permaisuri, yang menunjukkan bahwa dia adalah pasangan seorang raja, bukan gelar ratu karena anggota yang menikah dengan keluarga kerajaan tidak dapat mewarisi takhta.

Gelar baru Camilla memperluas perannya pada penobatannya, yang kemungkinan tidak akan datang selama beberapa bulan, sesuai tradisi kerajaan standar.

Diketahui, gelar permaisuri untuk Camilla adalah permintaan yang dibuat ratu pada bulan Februari, pada malam Platinum Jubilee-nya, menandai 70 tahun pemerintahannya.

Dalam sebuah pernyataan, Ratu Elizabeth II mengumumkan bahwa itu adalah “harapannya yang paling tulus, ketika saatnya tiba, Camilla akan dikenal sebagai Permaisuri saat dia melanjutkan pengabdiannya yang setia.”

Sementara Pangeran Charles yang kini berusia 73 tahun, membuatnya menjadi Raja Inggris tertua dan direncanakan akan diangkat di St Jame’s Palace London secepat mungkin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan