Pesawat TNI AL Jatuh di Selat Madura, Dua Awak Hilang

JABAREKSPRES.COM – Pesawat latih milik TNI AL dikabarkan jatuh di Selat Madura, Rabu,(7/9) pagi. Pesawat berjenis G-36 Bonanza T-2503 tersebut dikabarkan hilang kontak setelah 10 menit mengudara.

Pesawat TNI AL ini diperkirakan jatuh di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), atau Selat Madura, saat sedang melakukan latihan bersama dengan KRI dari jajaran Koarmada II ini

Dari informasi yang berhadil dihimpun, pesawat TNI AL yang jatuh tersebut diawaki oleh dua orang. Yang hingga kini masih dilakukan upaya pencarian di sekitar APBS Selat Madura.

Upaya pencarian dilakukan TNI AL dengan mengerahkan 7 KRI bersama beberapa armada lain termasuk helikopter hingga tim penyelam.

Pencarian dilakukan sejak pesawat tersebut mengalami hilang kontak sekitar pukul 08.55 WIB di sekitar Selat Madura.

“Pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat melaksanakan latihan dengan KRI-KRI di jajaran Koarmada II,” kata Asep melalui siaran persnya, seperti dilansir dari jpnn.

Letkol Asep mengatakan penyebab pesawat tersebut belum diketahui. Saat ini, TNI AL mengerahkan tujuh KRI, satu Pesud CN235, dua helikopter, dua KAL, dua Tim Kopaska, dan dua Tim Penyelam.

“Kegiatan SAR dipimpin langsung oleh Pangkoarmada II dan Komandan Guspurla Koarmada II,” ujar Asep, dalam keterangan pers yang dirilis kepada awak media.

Penerbangan pesawat G-36 Bonanza T-2503 itu terekam dalam data aplikasi Flightradar24. Diperkirakan pesawat tersebut sudah mengudara sekitar 10 menit.

Pesawat lepas landas sekitar pukul 08.44 WIB. Dalam aplikasi Flightradar24, tampak pesawat tersebut terbang ke arah utara.

Alur atau rute penerbangan pesawat itu lalu terputus sekitar pukul 08.54 WIB. Titik terakhir pesawat itu berada di perairan di antara Gresik dan Bangkalan.

Dalam latihan perang, pesawat tersebut mengalami kecelakaan ketika konvoi KRI dalam pelaksanaan latihan Anti Serangan Udara. Bonanza berposisi sebagai penyerang.

TNI AL sendiri mempunyai 4 unit pesawat dengan jenis yang sama. Tercatat, Bonanza resmi memperkuat TNI AL saat kepemimpinan KSAL Laksamana TNI Ade Supandi pada tahun 2014.

Serah terima pesawat ini dilakukan di Base Ops TNI AL Juanda, Surabaya. G-36 Bonanza T-2503 adalah pesawat latih yang diproduksi di Kansas, Amerika Serikat (AS).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan