Mahfud MD Beri Ruang Diskusi untuk Publik Terkait RUU KUHP

Editor: Reporter: Sandi Nugraha

BANDUNG – Pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD kini kembali menggelar dialog dan sosialiasi terkait Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP).

Menurut Mahfud, dalam dialog tersebut terdapat ada 11 rangkaian diskusi dan sosialisasi sebelum ditetapkan UU KUHP.

Selain itu, ia juga mengatakan adanya sosialisasi dan dialog ini berdasarkan instruksi langsung dari presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut dilakukan, agar memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait RUU KUHP ini.

“Jadi ada di 11 Kota di Indonesia dalam rangkaian, kemarin sudah di Surabaya, terus Jakarta, Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Padang, Makassar dan seterusnya. Jadi ketika ditetapkan (UU KUHP) kita siap,” ucapnya dalam sambutan di acara “Dialog Publik RUU KUHP,” di Hotel Pullman, Kota Bandung, Rabu (7/9).

Mahfud menambahkan, adanya pembaruan terkait hukum pidana merupakan sesuatu yang mendesak. Bahkan seiring dengan perkembangan kondisi di masyarakat, KUHP ini akan dijadikan sebagai dasar penegakan hukum yang telah dipakai sejak zaman kolonial.

“Ini amanat konstitusi, sejak kita merdeka, karena hukum itu berubah kalau masyarakatnya berubah, budayanya berubah, kita sudah statusnya sudah merdeka, KUHP yang kita pakai masih yang dulu,” katanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.