Longsor Terjang Dua Desa di Bandung Barat, Belasan Rumah Rusak Parah, Akses Jalan Terputus

BANDUNG BARAT– Dua Desa di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, diterjang material tanah longsor pada Selasa (6/9) malam. Longsor terjang dua desa yakni Desa Bojongsalam dan Desa Cidadas. Akibatnya, belasan rumah mengalami kerusakan akibat material tanah longsor hancurkan dan menimbun rumah warga.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Bandung Barat, menyebut ada sekitar 15 rumah terdampak, setelah peristiwa longsor yang menimpa dua desa itu.

“Dampak dari longsor tersebut mengakibatkan akses jalan Kampung Cipiring, Desa Cicadas terputus, 5 rumah terancam longsor, 10 rumah terdampak material longsor,” kata Duddy saat dihubungi, Rabu (7/9).

Intensitas curah hujan yang tinggi diduga sebagai penyebab longsor tersebut terjadi. Hingga mengakibatkan tanah di lokasi tersebut bergerak tidak stabil dan menerjang perumahan warga.

“Longsor tersebut diakibatkan oleh curah hujan deras yang mengguyur selama dua jam tadi malam di wilayah itu,” ucap Duddy.

Dari hasil asesmen sementara yang dilakukan BPBD Kabupaten Bandung Barat, longsor terjadi di 4 kampung di dua desa. Yakni melingkupi Kampung Cipiring RT 01 RW 02, Kampung Citiis 02 RW 11 Desa Cicadas dan Kampung Nenggel RW 15, Cakuang RW 10 Desa Bojongsalam.

Selain belasan rumah yang sudah rusak diterjang longsor, masih ada 5 rumah lagi yang terancam rusak apabila terjadi longosr susulan.

Dalam peristiwa yang mengejutkan tersbeut, dilaporkan tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materiil dari kerusakan rumah warga tersebut.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” pungkas Duddy. (Mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan