Mengenal Jenis Biji Kopi Sesuai Karakternya, Jangan Sampe Salah

JABAREKSPRES.COM – Pecinta kopi tentu sudah tidak asing dengan berbagai jenis kopi. Secara umum yang diketahui masyarakat, hanyalah kopi jenis robusta dan arabia. Padahal ada banyak jenis kopi yang diklasifikasikan menurut karakteristiknya.

Semua jenis kopi memiliki kesamaan dalam pengolahan awal. Yakni kopi matang pohon yang buahnya dikeringkan, lalu bijinya dijemur serta dipanggang.

Proses pemanggangan inilah awal mula perbedaan pengolahan kopi sehingga memberikan rasa yang berbeda-beda pula.

Jenis kopi yang paling terkenal dan banyak diketahui hanya arabica dan robusta yang bahkan mendominasi penjualan kopi hingga 90% di dunia. Nyatanya biji kopi memiliki beragam jenis yang tidak hanya dua saja.

Bukan hanya dua jenis kopi itu saja yang kini mulai dikenalkan pada masyarakat, ada juga biji kopi liberika dan excelsa. Keduanya kini mulai disajikan di kedai kopi.

Dilasir dari Home ground, ada beberapa jenis kopi yang bisa dikenali dari karakteristiknya.

1. Arabika

Sejauh ini arabika menjadi jenis biji kopi yang mendominasi hingga 60% pasar kopi internasional. Biji kopi arabika dapat tumbuh subur di tanah Ethiopia dan Yaman.

Biji kopi arabika memiliki karakteristik yang lebih manis dan rasanya lebih kompleks dibandingkan dengan biji kopi lainnya. Biji kopi arabika juga memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi serta lapisan rasa yang lebih kaya.

Kopi arabika dinilai cocok dengan teknik penyeduhan pour over. Terlebih cita rasa dari biji kopi arabika sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungan sehingga cita rasa setiap varietasnya akan unik dan berbeda.

2. Robusta

Robusta menjadi biji kopi lainnya yang ditanam terbanyak kedua setelah arabika. Biji kopi robusta cenderung lebih tahan dari gangguan hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan.

Biji kopi robusta dikenal memiliki warna yang lebih gelap dengan karakteristik rasa yang beraroma tanah. Kandungan kafein pada kopi arabika jauh lebih banyak bahkan dua kali lipat dibandingkan dengan biji kopi arabika.

Biasanya biji kopi berjenis robusta lebih banyak diolah menjadi campuran espresso. Rasanya yang lebih pekat membuat robusta lebih dipilih untuk menghasilkan kopi dengan rasa yang lebih kuat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan