Apakah Perlu Memiliki Asuransi Mobil Bekas?

JABAREKSPRES – Di bandingkan mobil baru, mobil bekas memiliki risiko kerusakan yang lebih besar, juga risiko lainnya yang berpotensi mengganggu keuangan. Karena itu, polis asuransi mobil bekas bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan proteksi terhadap keuangan.

Asuransi mobil untuk mobil baru dan bekas tentu sama-sama penting untuk dimiliki. Terutama untuk asuransi mobil bekas yang relatif memiliki risiko jauh lebih besar, karena usia kendaraan yang berpengaruh terhadap performa mobil.

Potensi kerusakan yang lebih besar, juga akan membuat pengeluaran membengkak. Semakin besar kerusakan, semakin besar pula baya yang akan dikeluarkan.

Pertanyaannya kini, perlukah asuransi mobil bekas dimiliki dan apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Mengapa Harus Memiliki Asuransi Mobil Bekas?

Sekecil apapun kerusakan pada sebuah mobil akan berakibat pada finansial. Apalagi jika mobil bekas dengan usia kendaraan yang sudah tua, tentunya memiliki risiko kerusakan lebih besar.

Selain itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa mobil bekas tetap harus memiliki asuransi. Berikut ini beberapa alasannya:

Potensi kerusakan yang lebih besar dari mobil baru

Saat membeli mobil bekas tentu harus memperhatikan kondisi mobil, tahun pembuatan, dan lain sebagainya yang berpengaruh terhadap harga jual mobil. Semakin baik kondisi mobil tersebut, semakin besar nilainya.

Meski begitu, mobil bekas tetap saja memiliki potensi kerusakan yang jauh lebih besar dari mobil baru. Potensi kerusakan ini juga akan memberikan kerugian finansial yang besar.

Karena itu, mobil bekas tetap harus memiliki asuransi mobil yang akan melindungi finansial pemiliknya.

Risiko lalu lintas yang tidak bisa diprediksi

Baik mobil baru maupun mobil bekas, risiko berkendara di jalanan sama besarnya. Risiko terjadi kecelakaan tidak hanya didapatkan dari faktor kesalahan pribadi saja, melainkan juga adanya keteledoran orang lain.

Meski Anda sudah sangat berhati-hati dalam berkendara, terkadang ada pengemudi lain yang ugal-ugalan. Karena itulah risiko lalu lintas ini tidak dapat diprediksi.

Terhindar dari kerugian yang lebih besar

Kasus kerusakan hingga kehilangan mobil adalah sebuah kerugian finansial yang sangat besar. Meski, berbagai risiko kerusakan dan kehilangan ini tidak dapat diprediksikan, namun kemungkinannya tidak bisa dihindarkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan