5 Tips Sederhana Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi

JabarEkspres.com – Semua orang pastinya ingin hidup sehat, ingin tubuh tak pesakitan. Sayangnya, tanpa pencegahan yang tepat, penyakit kerap mudah menyerang. Penyakit diabetes, misalnya. Berikut ini merupakan 5 Tips Sederhana Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi.

Kadar gula yang terlalu tinggi dapat memicu diabetes. Oleh karena itu, orang-orang yang terkena diabetes mesti mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk menurunkam kadar gula yang terlalu tinggi.

Kendati demikian, ada cara sederhana yang bisa siapa saja lakukan untuk mengontrol kadar gula darah. Berikut ini merupakan cara menurunkan lonjakan gula darah, dikutip dari Genpi.co.

  1. Gaya hidup

Jika benar-benar ingin mengurangi lonjakan gula darah, Anda harus mempertimbangkan faktor gaya hidup yang bisa memengaruhi gula darah.

Misalnya, stres dan tidur. Stres bisa memengaruhi kesehatan, menyebabkan sakit kepala serta peningkatan tekanan darah dan kecemasan.

Stres juga telah terbukti memengaruhi gula darah. Saat tingkat stres naik, tubuh melepaskan hormon tertentu.

Efeknya adalah melepaskan energi yang tersimpan dalam bentuk gula ke dalam aliran darah Anda untuk respons fight-or-flight.

Satu studi terhadap 241 pekerja Italia menemukan peningkatan stres terkait pekerjaan secara langsung terkait dengan peningkatan kadar gula darah. Mengatasi stres secara aktif juga terbukti bermanfaat bagi gula darah.

Dalam sebuah penelitian terhadap mahasiswa keperawatan, latihan yoga ditemukan bisa mengurangi stres dan lonjakan gula darah setelah makan. Kemudian, terlalu sedikit dan terlalu banyak tidur telah dikaitkan dengan kontrol gula darah yang buruk.

Bahkan, mengalami satu atau dua malam yang buruk bisa memengaruhi kadar gula darah. Sebuah penelitian terhadap sembilan orang sehat menunjukkan, tidur terlalu sedikit, atau hanya selama 4 jam, meningkatkan resistensi insulin dan kadar gula darah.

Kualitas tidur sama pentingnya dengan kuantitas. Sebuah penelitian menemukan tingkat tidur terlama menjadi yang paling penting dalam hal mengendalikan gula darah.

  1. Rendah karbohidrat

Karbohidrat menyebabkan gula darah naik. Ketika makan karbohidrat, makanan dipecah menjadi gula sederhana. Gula tersebut kemudian memasuki aliran darah.

Saat kadar gula darah meningkat, pankreas melepaskan hormon yang disebut insulin. Ini yang mendorong sel-sel Anda untuk menyerap gula dari darah. Hal ini menyebabkan kadar gula darah turun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan