Jangan Makan Sayuran ini dalam Kodisi Mentah, ini Bahayanya

JABAREKSPRES.COM – Mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, tentu sangat dianjurkan. Karena kandungan sayur yang banyak nutrisi. Namun ada beberapa sayur yang tidak boleh dikonsmsi dalam kondisi mentah.

Apalagi orang sunda yang snagat suka mengkonsumsi sayuran mentah sebagai teman salmbal atau lalapan.

Meski begitu, tahukah Anda bahwa tak semua sayuran itu baik bila dimakan mentah? Rupanya ada beberapa jenis sayur yang lebih berkhasiat jika dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
Bahkan, jika sayuran ini dimakan mentah, justru bisa menimbulkan keracunan bagi sebagian orang. Berikut ragam sayuran yang sebaiknya tidak Anda makan mentah

1. Tomat

Sebenarnya, menyantap irisan tomat mentah hingga jus tomat segar itu tidak salah. Namun, manfaat likopen – zat antioksidan dalam tomat – akan lebih melimpah jika tomat tersebut dimasak terlebih dahulu.

Proses memasak akan makin meningkatkan kadar likopen di dalam tomat. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, jika Anda merebus tomat selama 15 menit, kadar likopen akan meningkat sebanyak 171 persen.

Satu hal yang perlu diingat, jangan pernah merebusnya lebih dari 15 menit, karena hal tersebut bisa menghilangkan sebagian besar kandungan vitamin C dalam tomat.

2. Jamur

Sebenarnya, jamur sama seperti tomat. Sayuran yang satu ini dapat dimakan mentah ataupun dimasak terlebih dahulu. Tapi, saat Anda mengolah jamur dengan cara ditumis, direbus, atau dipanggang, cara tersebut dapat meningkatkan kadar kalsium dalam jamur.

3. Asparagus

Tak cuma melunakkan teksturnya agar lebih mudah dicerna, makan asparagus matang akan membantu tubuh Anda menyerap lebih banyak nutrisi pencegah kanker di dalamnya.

Anda bisa memasak asparagus dengan cara dipanggang, ditumis, ataupun dikukus dengan sedikit minyak zaitun, garam, dan air perasan lemon.

4. Kentang

Menurut penelitian dari Utah State University, kentang mentah mengandung konsentrasi solanin yang tinggi dan itu beracun buat tubuh.

Lebih lanjut, kentang mentah hanya akan menyebabkan munculnya gas dalam perut sehingga terasa kembung. Jadi, segala nutrisi yang terkandung dalam kentang baru bisa aktif bila Anda memasaknya terlebih hulu.

5. Brokoli dan kembang kol Pada dasarnya, kedua sayuran yang mirip bentuknya ini dapat dikonsumsi mentah. Bahkan, brokoli mengandung nutrisi yang lebih banyak ketika dimakan mentah.

Tinggalkan Balasan