12 Ide Bisnis Online Tanpa Modal, Harus Dicoba Jika Ingin Sukses

Jangan lupa tambahkan hastag yang terkait dengan barang-barang yang kamu tawarkan. Dengan begitu, banyak yang nantinya mengunjungi medsos kamu.

3. Social media influencer
Social media influencer adalah figur di media sosial yang bisa memengaruhi para pengguna sosial media lainnya lewat postingan-postingan yang mereka buat.

Gimana ciri-ciri social media influencer? Pertama, pasti punya followers yang banyak, minimal tiga ribu. Kedua, setiap posting dapat banyak like, respons, atau share.

Dari mana kerjaan ini menghasilkan uang? Ya banyak dong, yang paling gampang tentu aja dari endorse. Mengutip disampaikan Katadata, jenis social media yang dipakai menentukan harga seorang influencer.

Bayaran buat influencer di YouTube mencapai lebih dari US$12 ribu dengan pengikut 100-500 ribu, Facebook mencapai lebih US$6 ribu, Instagram sebesar US$ 5 ribu, dan Twitter sekitar US$ 2 ribu.

4. Vlogger

Ini juga bisa jadi bisnis online tanpa modal yang menjanjikan. Buktinya rata-rata yang menjadi vlogger punya penghasilan lebih dari UMR.

Bayaran vlogger sendiri bervariasi. Namun, rata-rata vlogger bisa mengantongi dua digit per bulan.

Mereka memperoleh pendapatan tersebut dengan meng-endorse produk atau jasa ke dalam video yang mereka buat. Belum lagi ditambah iklan-iklan atau adSense yang terpampang di video mereka.

Pengin bisnis online tanpa modal dengan jadi vlogger? Kamu bisa mulai dengan mempersiapkan konsep dan laptop atau smartphone. Mudah, kan?

5. Jasa membuat situs

Bisnis online terpercaya lainnya bisa dilakukan tanpa modal dengan mengandalkan jasa yang kamu tawarkan, lho!

Yaitu jasa membuat website atau situs. Kebiasaan orang-orang zaman sekarang yang mengandalkan Internet buat dapatkan informasi jadi pendorong individu atau perusahaan buat punya website sendiri.

Nggak sedikit di antara mereka yang bingung atau pengin praktisnya aja buat memiliki website. Makanya mereka butuh yang namanya jasa pembuat website.

Kalau kamu emang kebetulan punya skill buat website, nggak ada salahnya nih menjadikan ini sebagai ide bisnis online tanpa modal.

Sebagai gambaran, bikin website secara keseluruhan dihargai mulai Rp500 ribu hingga lebih Rp10 juta, tergantung fitur-fitur yang ditawarkan. Fitur-fiturnya mulai dari desain, jumlah halaman, statistik website, dan lain-lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan