Penyebab Suara Knalpot Sepeda Motor Bunyi Nembak-Nembak

JABAREKSPRES – Seiring dengan terus meningkatnya usia sepeda motor yang digunakan sehari-hari dalam beraktivitas, namun jika tidak rutin melakukan perawatan sepeda motor maka biasanya meningkat juga masalah-masalah yang muncul.

Salah satu masalah yang terkadang sering muncul adalah terdengar suara ledakan tambahan dari bagian knalpot. Munculnya gejala nembak-nembak atau ledakan tambahan di knalpot umumnya terjadi pada 2 kondisi.

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora menjelaskan beberapa penyebab knalpot motor nembak saat lepas tuas gas ini perlu diketahui oleh agar kondisi yang tidak normal tersebut bisa segera diatasi. Jika knalpot mengeluarkan suara seperti tembakan ketika gas dilepas tentunya suara tersebut akan mengganggu Anda dan pengendara lainnya

“Oleh karena itu, jika motor Anda mengalami kondisi tersebut, maka harus segera diperbaiki agar tidak menimbulkan kerusakan lain pada motor,” tambah Ade.

Pertama, kondisi throttle atau tuas gas sedang ditarik atau dibuka. Pada kondisi tersebut, jika motor kedapatan suara ledakan tambahan dari knalpot pada saat throttle atau tuas gas dibuka, ini biasanya diakibatkan dari adanya kerusakan pada :

1. Saluran buang / Exhaust Port bocor

Knalpot merupakan komponen pada kendaraan yang digunakan sebagai saluran pembuangan dari hasil pembakaran untuk mengurangi kebisingan hasil pembakaran mesin, dan menurunkan kadar emisi gas buang.

Jika terdapat hal yang abnormal pada knalpot tersebut misalnya bagian ujung knalpot yang ke mesin keropos (bocor), baud pengikat knalpot yang kearah mesin longgar dan juga paking knalpotnya sudah aus, ini pastinya akan menimbulkan suara ledakan pada knalpot yang tidak diinginkan.

2. Sistem Pengapian bermasalah
Sistem pengapian di sepeda motor berfungsi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar pada waktu yang tepat guna menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Jika sistem pengapian tidak bisa memercikkan bunga api busi pada waktu yang tepat, tentunya akan menghasilkan siklus pembakaran pada mesin yang tidak sempurna misalnya waktu pembakarannya terlambat, hal ini selain mengakibatkan tenaga mesin berkurang, juga akan menghasilkan ledakan-ledakan di knalpot.

Kondisi kedua, throttle atau tuas gas sedang dalam posisi di lepas atau ditutup. Pada kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan